Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Volkswagen Kembali Tersandung Kasus Manipulasi Uji Emisi Audi

Perusahaan otomotif terkemuka asal Jerman, Volkswagen AG (VW), semakin terpuruk dalam kasus dugaan manipulasi uji emisi di tengah upaya pihak jaksa penuntut umum yang terus memperdalam investigasi kasus tersebut.
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 07 November 2016  |  14:09 WIB
Volkswagen Kembali Tersandung Kasus Manipulasi Uji Emisi Audi
Audi - Reuters/Gary Cameron
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan otomotif terkemuka asal Jerman, Volkswagen AG (VW), semakin terpuruk dalam kasus dugaan manipulasi uji emisi di tengah upaya pihak jaksa penuntut umum yang terus memperdalam investigasi kasus tersebut.

Kali ini,  kasus tersebut menyeret Dewan Pengawas VW Hans Dieter Poetsch yang tengah diperiksa terkait keterlibatannya yang saat itu bertindak sebagai Chief Financial Officer dalam kasus kecurangan uji emisi untuk sejumlah mobil Audi dalam musim panas lalu.

Poetsch tercatat memegang posisi CFO VW mulai 2003 hingga 2015 serta menduduki jabatan sebagai dewan pengawas untuk lini bisnis Porsche AG dan Audi.

Pihak penuntut umum yang berbasis di Braunschweig tersebut juga menargetkan Martin Winterkorn dan Brand Chief VW Herbert Diess yang diduga telah menutupi skandal tersebut dari para investor.

"Pihak manajemen VW akan memenuhi kewajiban dalam upaya pengungkapan kasus tersebut di bawah otoritas hukum pemerintah Jerman," ungkap juru bicara VW.

Pengungkapan terbaru terkait skandal emis tersebut semakin menambah stigma buruk terhadap produsen mobil ikonik asal Jerman tersebut yang sebelumnya telah mendesak mantan Chief Executive Officer Volkswagen Martin Winterkorn untuk mengundurkan diri dari jabatan tersebut serta menghadapi tuntutan ganti rugi hingga US$ 14,7 miliar.

Tidak hanya itu, Volkswagen juga tengah dihadapkan dengan potensi gugatan dari pihak Departemen Lingkungan Pemerintah Negara Bagian California terkait sejumlah model Audi yang dilengkapi dengan perangkat lunak yang akan mengkonsumsi bahan bakar lebih sedikit dan menghasilkan lebih sedikit karbon dioksida saat uji emisi dibandingkan saat dikendarai di jalan.

Penemuan dugaan kecurangan tersebut menjerat sejumlah model Audi A6, A8 dan SUV Q5 yang diungkapkan oleh koran lokal Jerman Bild am Sonntag.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

volkswagen ag

Sumber : Bloomberg

Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top