Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

MOBIL LISTRIK: Volkswagen Dirikan Perusahaan Patungan di China

Manufaktur otomotif ternama asal Jerman, Volkswagen AG, telah menandatangani kesepakatan awal dengan produsen otomotif asal China, Anhui Jianghuai Automobile, untuk memproduksi mobil listrik melalui perusahaan joint venture yang akan dibentuknya nanti.
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 08 September 2016  |  09:19 WIB
MOBIL LISTRIK: Volkswagen Dirikan Perusahaan Patungan di China
Volkswagen - Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Manufaktur otomotif ternama asal Jerman, Volkswagen AG, telah menandatangani kesepakatan awal dengan produsen otomotif asal China, Anhui Jianghuai Automobile, untuk memproduksi mobil listrik melalui perusahaan joint venture yang akan dibentuknya nanti.

Hal tersebut sejalan dengan kebijakan Pemerintah China bagi para manufaktur global yang hanya diizinkan memproduksi mobil di China melalui kerja sama joint venture dengan perusahàan lokal.

Keduanya kini tengah mempelajari  kelayakan kerja sama tersebut dan akan menandatangani perjanjian formal dalam kurun 5 bulan mendatang.

"Nilai investasi maupun bisnis model dari perusahan joint venture yang akan dibentuk belum diputuskan," ungkap pihak Anhui, yang merupakan produsen otomotif terbesar kesembilan di China dalam penjualan.

Pihak VW menyatakan bahwa tujuan kerja sama tersebut adalah menciptakan mobil tanpa emisi sehingga mereka akan memfokuskan model bertenaga baterai listrik dibandingkan model hybrid.

Tercatat, China telah melampaui AS tahun lalu yaitu menjadi produsen terbesar mobil listrik yang distimulasi oleh
keringanan pajak dan kebijakan Pemerintah China dalam upaya mengganti bahan bakar minyak ke tenaga listrik untuk mengatasi tingkat polusi yang sangat tinggi di negara tersebut.

Di lain pihak, VW juga harus bersaing dengan produsen asal AS, General Motors, untuk menjadi produsen otomotif terbesar di pasar China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil listrik volkswagen ag

Sumber : Reuters

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top