Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tata Resmi Luncurkan Tata Ultra 1012, Ini Spesifikasinya

PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) memperkenalkan Tata Ultra 1012, sebuah light truck yang diklaim memiliki total cost of ownership (TCO) terendah di kelasnya di ajang Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2016
Tata Motors/livemint.com
Tata Motors/livemint.com

Bisnis.com, JAKARTA—PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) memperkenalkan Tata Ultra 1012, sebuah light truck yang diklaim memiliki total cost of ownership (TCO) terendah di kelasnya di ajang Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2016.

“Sebagai pembuat truk dan bis 10 besar dunia Tata Motors mempersembahkan truk ringan masa yang kuat, aman, hemat BBM dan multi guna,” kata Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI dalam keterangan resminya, Kamis (11/8). 

Untuk bersaing di kelasnya, TMDI mengklaim Tata Ultra menawarkan lima keunggulan. Pertamamemiliki berbagai varian yang sesuai untuk setiap aplikasi, dirancang dengan pertimbangan teknis untuk mengakomodasi karoseri.

Kapasitas angkut Tata Ultra 1012 berkisar 4 sampai 7 ton dengan dimensi lebar bak 2,2 meter dengan pilihan panjang 4-6 meter.

Kedua, Tata Ultra 1012 menciptakan standar baru di segmen kendaraan komersial ringan di Indonesia dengan biaya terendah, keamanan yang baik dan aneka fitur.

Ketiga, Tata Ultra 1012 dibekali mesin diesel Tata 497 TCIC 3.783 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 125 PS @2400 rpm dan torsi terbesar dibanding kompetitornya yakni sebesar 400 Nm @1300-1500 rpm.

Gross Vehicle Weight (GVW) Tata Ultra 1012 sebesar kurang lebih 10 ton. Transmisi Tata Ultra menggunakan Transmisi G-550 dengan enam gigi dengan overdrive (OD).

Keempat, desain kabin interior Tata Ultra menitik-beratkan pada kenyamanan dan keselamatan. Desain kabinnya memberikan pengemudi sudut pandang yang luas. Hal ini tentunya memberi nilai kenyamanan dan keselamatan yang tinggi dengan seat adjuster, steering adjuster dan weight control seat. Karakteristik sistem kemudi power steering-nya ringan.  

Tata Ultra 1012 dibekali pula oleh tilt and telescopic collapsible steering yang dapat menambah kenyamanan posisi mengendara dan mengoptimalkan stabilitas saat kendaraan dipacu dalam kecepatan tinggi.

Untuk suspensi, Ultra 1012 dilengkapi parabolic leaf spring bagian depan dan semi eliptic leaf pada bagian belakang. Keduanya dilengkapi shock absorber dan rubber bushing.

Tata Ultra 1012 memiliki kapasitas kursi 3 buah dengan konfigurasi berjajar 1 Sopir dan 2 Penumpang. Kursinya dapat disesuaikan. Bisa digeser maju mundur dan direbahkan ke belakang.  

Kelima, untuk keamanan Tata Ultra 1012 merupakan truk ringan pertama di Indonesia yang menggunakan Full Air Brake dan ban radial tubeless

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper