Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Klasifikasi Komponen Otomotif Akan Direvisi

Pemerintah akan melakukan kajian untuk mengubah susunan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) untuk sektor komponen kendaraan bermotor.
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 29 April 2016  |  16:48 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah akan melakukan kajian untuk mengubah susunan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) untuk sektor komponen kendaraan bermotor.

Tujuan dilakukannya perubahan ini adalah untuk menjamin insentif yang diberikan pemerintah tepat sasaran. Pasalnya pemerintah menemukan kesalahan klasifikasi beberapa sektor usaha di sektor tersebut.

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dam Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan mencontohkan, global positioning system (GPS)  yang kini tersedia di hampir seluruh jenis mobil.

Menurutnya, produksi GPS untuk kendaraan perlu mendapatkan insentif dari pemerintah untuk memacu pengembangan teknologi. Namun sampai saat ini GPS masuk dalam kategori alat elektronik.

“Sedangkan alat elektronik tidak bisa dapat insentif, jadi harus diubah KBLI. Dulu kan tidak ada komponen yang berkaitan dengan internet, sekarang banyak. Jadi harus diubah,” katanya dalam sebuah diskusi yang digelar Forum Wartawan Perindustrian, Jumat (29/4/2016).

Dalam waktu dekat, kata dia, Kementerian Perindustrian bersama BKPM dan pelaku usaha akan menginventarisasi sejumlah poin yang perlu diubah dalam KBLI tersebut. Menurutnya, perubahan KBLI merupakan langkah awal untuk mengembangkan industri komponen dalam negeri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

komponen otomotif kemenperin
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top