Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saingi Uber, General Motors Luncurkan Ekspress Drive

Pabrikan otomotif asal Amerika Serikat, General Motors Co, (GM) meluncurkan program yang disebut Ekspres Drive di Chicago, Baltimore, Boston hingga Washington DC yang memungkinkan pengemudi layanan berbagi perjalanan, Lyft Inc, menyewa SUV Chevrolet Equinox US$99 per pekan
General Motors/Bsuinessinsurance.com
General Motors/Bsuinessinsurance.com

Bisnis.com, MICHIGAN - Pabrikan otomotif asal Amerika Serikat, General Motors Co, (GM) meluncurkan program yang disebut Ekspres Drive di Chicago, Baltimore, Boston hingga Washington DC yang memungkinkan pengemudi layanan berbagi perjalanan, Lyft Inc, menyewa SUV Chevrolet Equinox US$99 per pekan.

Adapun bagi penyewa Lyft Inc akan dikenakan biaya 40 sen per mil. Namun, jika pengemudi Lyft Inc telah menarik penumpang 40 kali dalam seminggu, biaya jarak tempuh bagi penyewa tersebut akan gratis.

Sedangkan jika pengemudi Lyft Inc sudah menarik 65 penumpang dalam seminggu, maka semua biaya dibebaskan. Hal tersebut diungkapkan John Zimmer, Presiden sekaligus co-founder Lyft Inc seperti dikutip Bloomberg, Selasa (15/3/2016).

Program ini merupakan langkah terbaru GM untuk mendapatkan bagian atas pasar yang berkembang dari layanan berbagi perjalanan.

GM membeli 9% saham Lyft Inc seharga US$500 juta pada Januari untuk bersaing dengan Uber Technologies Inc, sebagai layanan berbagi perjalanan terbesar. GM dan Lyft telah berusaha untuk mengembangkan bisnis di beberapa pasar karena menyadari bahwa mereka perlu bersaing dengan Uber tidak hanya untuk pengendara, namun untuk pengemudi juga.

"Anda tidak harus memiliki mobil untuk bisa mendapatkan uang dari layanan berbagi perjalanan. Kami sekarang memberikan pilihan yang terbaik bagi pengemudi layanan dan penyewa kendaraan," katanya.

Di empat kota di mana program ini dimulai, Lyft Inc telah menerima 150.000 pelamar. Kendaraan paling tua merupakan produksi 2004 dengan empat pintu dan lulus uji kendaraan yang mencakup 19 poin pemeriksaan.

Zimmer menyebut, program dari GM sangat memungkinkan bagi lebih banyak orang yang tidak memiliki mobil untuk bergabung dengn pihaknya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper