Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IIMS Dorong Industri Komponen Lokal

Indonesia International Motor Show yang dihelat oleh PT Dyandra Promosindo April nanti rencananya akan memberi ruang bagi industri komponen lokal untuk mendorong perkembangan industri tersebut.
Shahnaz Yusuf
Shahnaz Yusuf - Bisnis.com 08 Januari 2016  |  05:08 WIB
IIMS Dorong Industri Komponen Lokal
Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia International Motor Show yang akan dihelat oleh PT Dyandra Promosindo April nanti rencananya akan memberi ruang bagi industri komponen lokal untuk mendorong perkembangan industri tersebut.

Direktur PT Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh mengatakan bahwa pihaknya berupaya untuk mengangkat komponen lokal sebagai bagian dari industri otomotif.

Terlebih dengan pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), penguatan industri komponen lokal diperlukan agar Indonesia tidak hanya menjadi pasar.

“Kami dapat banyak masukan mengenai bagaimana cara mengangkat industri komponen lokal. Sejak 2015, kami mendatangkan industri komponen dari Thailand, dan kurang imbang dari tuan rumahnya. Selanjutnya kami juga akan menindaklanjuti industri komponen lokal kita,” ujarnya, Kamis (7/1/2015).

Dia mengatakan bahwa dalam kunjungan tersebut, pihaknya telah meminta dukungan dari Kemenperin untuk melancarkan rencana tersebut.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan bahwa upaya pendorongan tersebut memperbesar peluang industri komponen untuk dapat bermitra dengan produsen mobil.

“Maka, setiap kesempatan ajang promosi otomotif harus memberi manfaat bagi industri lokal. Di setiap langkah, national interest memang menjadi fokus kita,” ujarnya.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan menambahkan bahwa untuk pameran otomotif baik yang berskala nasional dan internasional mestinya bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak pemasaran komponen lokal. 

“Pameran yang dihadiri prinsipal, pelaku industri, hingga konsumen menjadi sarana branding komponen otomotif kita. Pemilik pabrik dapat menunjukkan hasil produksi, membangun citra produk berkualitas dan tepercaya pada pemakai akhir serta mengembangkan kemitraan usaha,” jelasnya.

Lebih lanjut, Hendra menjelaskan bahwa pihaknya mendapat masukan dari Kemenperin untuk menambah kegiatan yang bersifat edukasi, baik dalam hal keselamatan, budaya serta aturan lalu lintas.

“Ini nantinya akan ditambahkan juga untuk diterapkan dalam IIMS tahun ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

iims
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top