Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil Porsche Klasik Meningkat Pesat

Data Hagerty yang menggabungkan penjualan sejumlah rumah lelang umum serta penjualan pribadi menunjukkan bahwa penjualan mobil klasik Porsche 911 buatan tahun 1974-1977 telah meningkat paling tinggi secara rata-rata dibandingkan mobil klasik lainnya tahun ini
Porsche 911 dari generasi ke generasi/yus
Porsche 911 dari generasi ke generasi/yus

Bisnis.com, JAKARTA - Rumah lelang berbasis di London, Bonhams, pada awal Desember lalu berhasil menjual Mercedes Benz 300 SL produksi tahun 1955 senilai US$1,34 juta, angka rata-rata di tahun ini untuk penjualan mobil klasik.

Sebelumnya sempat tercatat membukukan nilai penjualan menakjubkan, mulai dari US$3 juta hingga US$4 juta di tahun 2012.

Baru-baru ini di New York, AS, mobil klasik Porsche Carrera R.S 2.7 Touring produksi tahun 1973 terjual di bawah harga US$1 juta.

"Seluruh orang yang menjual mobil klasik Porsche SL tahun ini, 50% dari mereka akan kembali membeli sebuah mobil Porsche," kata McKeel Hagerty, CEO Hargerty, sebuah perusahaan asuransi untuk mobil klasik.

Tentu saja, 50% lainnya akan membeli Mercedes, Ferarri atau Jaguar untuk meningkatkan derajat mereka. Hingga saat ini, Ferarri masih mendominasi pasar mobil klasik tersebut.

Tujuh dari 10 penjualan tertinggi di Amerika Utara selama tahun 2015 dimiliki oleh mobil ikon asal Italia tersebut dengan peringkat pertama dipegang oleh Ferrari 290 MM Spider buatan tahun 1956 yang terjual lebih dari US$28 juta pada 10 Desember di New York.

Secara umum, nilai mobil blue chip tersebut telah meningkat dari US$600 ribu secara rata-rata di tahun 2007 menjadi US$2,6 juta saat ini.

Meskipun demikian, nilai mobil klasik asal Jerman, Porsche, secara rata-rata telah meningkat dari US$150 ribu di tahun 2007 menjadi US$625 ribu saat ini.

"Pamor mobil sport asal Eropa secara umum telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir,"ungkap Gord Duff, seorang Car Specialist di RM Sotheby’s.

"Ferrari masih memimpin peringkat dan kemudian mobil sport terbaik asal Eropa selanjutnya yaitu Mercedes dan kemudian Porsche. Bisa dibilang Mercedes telah mencapai puncaknya maka kini Porsche adalah mobil terbaik selanjutnya," tambah Gord Duff.

Data Hagerty yang menggabungkan penjualan sejumlah rumah lelang umum serta penjualan pribadi menunjukkan bahwa penjualan mobil klasik Porsche 911 buatan tahun 1974-1977 telah meningkat paling tinggi secara rata-rata dibandingkan mobil klasik lainnya tahun ini. Dengan lonjakan 154% dibandingkan nilai tahun 2014 melampaui nilai Aston Martin, Ferrari, atau Lamborghini.

Sejumlah rumah lelang telah menawarkan lebih dari 27 mobil Porsche tahun ini dibandingkan tahun lalu khususnya untuk model 930 dan 911 SC. Permintaan terhadap Porsche meningkat 23,5% dari para kolektor berusia 30 hingga 50 tahun.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper