Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 5 Merek Penguasa Pasar Mobil di Indonesia

Hingga November lalu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia alias Gaikindo mencatat total penjualan mobil mencapai 940.616 unit. Dari jumlah tersebut, lima merek dengan penjualan terbanyak adalah Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki dan Mitsubishi
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Hingga November lalu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia alias Gaikindo mencatat total penjualan mobil mencapai 940.616 unit.

Dari jumlah tersebut, lima merek dengan penjualan terbanyak adalah Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki dan Mitsubishi.

Pada periode Januari-November 2015 penjualan mobil merek Toyota mencapai 300.317 unit. dengan raihan tersebut Toyota menguasai sekitar 31,9% pasar. Penjualan terbanyak Toyota datang dari Avanza dengan jumlah 125.506 unit.

Pada periode yang sama, mobil merek Daihatsu terjual mencapai 154.853 unit. Pabrikan asal Jepang itu menguasai pangsa pasar sebesar 16,5%. Kontribusi terbesar terhadap penjualan Daihatsu datang dari Gran Max baik jenis pikap atau bukan dengan total unit yang terlego mencapai 69.583 kendaraan.

Honda di posisi berikutnya membayangi Daihatsu dengan penjualan sebanyak 147.378 unit. Dengan raihan itu Honda menguasai pangsa pasar mencapai 15,7%. Pada sebelas bulan di tahun ini penjualan terbanyak Honda datang dari produk Mobilio dengan penjualan mencapai 41.189 unit.

Suzuki menjadi merek dengan penjualan terbanyak keempat. Pada Januari-November 2015 mobil merek Suzuki yang tterjual mencapai 111.221 unit atau setara 11,8% dari total pasar. Pada periode tersebut mobil Suzuki dengan penjualan terbanyak adalah Carry baik model pikap maupun minibus yang sebanyak 45.574 unit.

Di posisi kelima penjualan terbanyak dibukukan Mitsubishi dengan 105.950 unit atau setara 11,3%. Kontribusi penjualan terbanyak Mitsubishi datang dari truk ringan yang sebanyak 31.362 unit.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler