Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mesin Endurance Bakal Dipasang di Nissan TITAN. Ini Kelebihannya

Perusahaan otomotif ternama yang berbasis di Yokohama, Jepang, Nissan Motor Co Ltd, kini tengah merakit mesin Endurance V8 berkapasitas 5.6 liter di Decherd, Tennessee.
Nissan Titan/Nissan Motor/yus
Nissan Titan/Nissan Motor/yus

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan otomotif ternama yang berbasis di Yokohama, Jepang, Nissan Motor Co Ltd, kini tengah merakit mesin Endurance® V8 berkapasitas 5.6 liter di Decherd, Tennessee.

Menurut rencana, mesin tersebut akan dipasangkan untuk model truk pick-up all-new Nissan TITAN dan TITAN XD.

Mesin dengn empat katup per silinder ini, turut dilengkapi dengan teknologi variable valve event dan lift and direct injection serta memiliki kecepatan 390 HP (horse power) per 5.800 rpm dan torsi 401 lb-ft per 4.000 rpm.

"Dengan mesin baru ini, pemilik Nissan TITAN XD akan memiliki pilihan terbaik untuk kebutuhan penarik sekaligus pengangkut, hal ini untuk mesin all-new Endurance V8 ataupun Cummins® diesel. Dua tawaran ini tidak ditemukan di truk manapun di pasar saat ini," ujar Rich Miller, Chief product specialist, TITAN, Nissan North America, Inc.

Teknologi canggih Nissan variable valve event & lift (VVEL) yang mengkombinasikan variabel valve timing (VVT) atau teknologi pengatur waktu buka tutup katup yang diatur secara hidrolik dengan variabel valve lift, akan menghasilkan performa handal serta respons yang cepat.

Respons trotel ditingkatkan dengan mengendalikan secara langsung katup pengatur saluran pemasukan bahan bakar dan udara (intake valve) dibandingkan dengan menggunakan metode tradisional.

Mesin terbaru ini juga dilengkapi dengan teknologi Direct Injection Gas (DIG™) yang memiliki performa gas penuh (wide-open throtlle) yang lebih baik serta irit bahan bakar dan tingkat emisi yang rendah - jika dibandingkan dengan mesin tanpa sistem direct injection - dengan mengurangi suaran ketukan pada mesin, meningkatkan stabilitas pembakaran, serta memberikan kontrol injeksi yang presisi.

Tidak hanya itu, desain piston terbaru dengan rasio kompresisi 11,2:1 membantu meningkatkan efisiensi dan performa mesin. Ditambah lagi, teknologi multi control valve (MCV) membantu efisiensi tingkat panas mesin lebih baik dibandingkan sistem thermostat tradisional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Rustam Agus
Sumber : Nissan Motor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper