Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suzuki Indonesia Siap Produksi Kei Car

PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. selaku induk dari PT Suzuki Indomobil Motor menyatakan siap, jika pabrik mobil Suzuki di Indonesia dijadikan basis produksi dan ekspor mobil Kei Car untuk kawasan Asia Tenggara
Suzuki Kei Car. /pretty-cars.com
Suzuki Kei Car. /pretty-cars.com

Bisnis.com, JAKARTA—PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. selaku induk dari PT Suzuki Indomobil Motor menyatakan siap, jika pabrik mobil Suzuki di Indonesia dijadikan basis produksi dan ekspor mobil Kei Car untuk kawasan Asia Tenggara.

Hal itu diutarakan Chairman PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. Subronto Laras. Kei Car merupakan sebutan bagi kendaraan dengan mesin di bawah 1.000 cc dengan konsumsi bahan bakar yang sangat irit dan diklaim ramah lingkungan di Jepang.

“Kami berharap Kei Car dapat jadi cikal bakal mobil Asean. Pasarnya sudah diintip oleh prinsipal dan kami maunya diproduksi di Indonesia untuk diekspor juga tapi ini kembali tergantung mitra kerja kita [prinsipal],” ujarnya kepada Bisnis.com, Selasa (1/12/2015).

Menurut Subronto, Suzuki sudah dikenal di dunia sebagai produsen yang mampu membuat kendaraan ber cc rendah namun tetap bertenaga. Dia menyebut, Kei Car Suzuki dapat mengonsumsi satu liter bahan bakar untuk jarak tempuh sekitar 35 km hingga 37 km.

Peluang menjadi basis pengekspor dan produsen Kei Car pun menurutnya bertambah saat perjanjian perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) diberlakukan. Pasalnya, mobil Suzuki dari Indonesia bisa masuk ke negara-negara berkembang yang berada di bawah Indonesia dari segi industri otomotif seperti, Myanmar, kamboja, Laos, maupun Vietnam.

Di sisi lain, dia menyebut Thailand sebagai pesaing terberat di industri otomotif cenderung memproduksi produk global yang peminatnya masih sedikit di negara-negara tadi.

Meski demikian dia enggan menyebut kapan Kei Car dari Suzuki akan diproduksi di Indonesia. Menurut dia, saat ini pemerintah dari segi regulasi masih mendorong segmen low cost green car alias LCGC dan belum masuk pada konsep mobil seperti Kei Car.

Optimisme Subronto tersebut pun tak terlepas dari ditanamkannya investasi sebesar US$1 miliar pada dua tahun lalu untuk pembangunan pabrik kedua mobil Suzuki yang diresmikan pada paruh pertama tahun ini di Cikarang Jawa Barat.

Kini, dengan sokongan dua pabrik mobil pihaknya mengklaim memiliki kapasitas produksi hingga 200.000 unit lebih per tahun. “Melihat itu [investasi] sangat optimis Indonesia menjadi tempat mereka berbuat sesuatu [basis ekspor dan membuat model baru],” ujarnya.

Dari informasi yang dirangkum Bisnis, bahkan Kei Car dari Suzuki di Jepang saat ini sudah dikembangkan melalui basis dasar terbaru yang dinyatakan mampu mengurangi bobot total kendaraan hingga 15% dari berat maksimum sebelumnya.

Meskipun lebih ringan, body structure terbaru diklaim lebih solid dan memiliki daya tahan terhadap benturan yang lebih maksimal hingga meningkatkan faktor keselamatan bagi setiap penumpang di dalamnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler