Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nissan Pacu Penjualan X Trail

Manajeman PT Nissan Motor Indonesia akan fokus menggenjot penjualan produk andalannya di segmen sport utility vehicle alias SUV yaitu All New X Trail, sehingga total pasar pabrikan asal Jepang tersebut dapat terdongkrak di akhir tahun ini
/nissan
/nissan

Bisnis.com, JAKARTA — Manajeman PT Nissan Motor Indonesia akan fokus menggenjot penjualan produk andalannya di segmen sport utility vehicle alias SUV yaitu All New X Trail, sehingga total pasar pabrikan asal Jepang tersebut dapat terdongkrak di akhir tahun ini.

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Steve Ardianto mengatakan, All New X Trail saat ini menguasai sekitar 25% pangsa pasar high SUV di Tanah Air. Pihaknya menginginkan kendaraan baru tersebut bisa mencaplok hingga 30% pangsa pasar.

Dengan menggenjot penjualan All New X Trail, Steve masih optimistis pihaknya dapat membukukan total penjualan hingga 30.000 unit hingga akhir tahun ini dari semua jenis kendaraan Nissan. Jumlah tersebut dinilainya merupakan angka yang realistis dicapai NMI hingga akhir 2015 seiring dengan kondisi ekonomi yang masih melambat.

“Kami berharap penjualan Nissan itu sekitar 30.000 unit hingga akhir tahun dan fokus pada X-Trail. Pasar high SUV itu 2.000-an sebulan kami lagi usaha X Trail bisa 30%,” katanya, Selasa (27/10).

Merujuk data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan Nissan di tataran wholesales pada Januari-September 2015 mencapai 20.583 unit. Jumlah tersebut menurun sekitar 24,8% dari periode yang sama tahun lalu yang sebesar 27.391 unit.

Sedangkan pada tiga kuartal di tahun ini penjualan All New X Trail sudah mencapai 7.258 unit. Jumlah itu melesat cukup tinggi setelah SUV jagoan Nissan tersebut diperbarui tahun ini. Pada periode yang sama tahun lalu X Trail edisi lama hanya terjual 1.248 unit.

Di sisi lain, lanjut Steve, target 30.000 unit yang diharapkan direalisasikan NMI itu disesuaikan dengan prediksi capaian total penjualan mobil Gaikindo hingga akhir tahun sebanyak 1 juta unit. Menurutnya, di awal tahun Nissan sempat menatgetkan total penjualan hingga 40.000 unit.

Asumsi tersebut berangkat dari target awal penjualan total Gaikindo yang sebanyak 1,2 juta unit. Untuk merealisasikan total target Nissan tersebut, setidaknya Nissan harus menjual hampir 4.000 unit kendaraan per bulan di kuartal empat tahun ini.

Hal itu cukup berat jika melihat rekam jejak penjualan Nissan di sepanjang tahun ini yang rata-rata penjualannya per bulan hanya berkisar 2.300 unit. Akan tetapi, NMI dapat menjaga optimisme karena di akhir tahun ini diselenggarakan beberapa acara pameran mobil di kota-kota besar, seperti Jakarta Auto Show, yang diakui pelaku usaha dapat menstimulus penjualan akhir tahun.

Di sisi lain, General Manager Marketing Strategy and Product Planning PT NMI Budi Nur Mukmin mengamini jika All New X Trail diharapkan dapat mengatrol penjualan Nissan secara keseluruhan. Pasalnya, All New X Trail menjadi tulang punggung penjualan Nissa selain Grand Livina dan March.

“X Trail, Grand Livina dan March ini tiga kontributor penjualan utama. Produk tersebut tetap akan mendominasi penjualan Nissan di kisaran 70% hingga 75%,” katanya dalam kesempatan berbeda.

Bahkan pada Agustus lalu, NMI melengkapi jajaran All New X Trail dengan memperkenalkan varian hybrid dan X Trail Ultimate sebagai kelas tertinggi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler