Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MOBIL BARU: Lexus Benamkan Sistem TVD untuk seri GS F

Lexus International kini punya teknologi Torque Vectoring Differential (TVD) yang dibenamkan ke dalam sedan sport anyar seri GS F yang baru-baru ini dikenalkan secara detil ke media di Sirkuit Jarama, Madrid Spanyol.
Sistem Torque Vectoring Differential (TVD) Lexus./Bisnis-Adhitya Noviardi
Sistem Torque Vectoring Differential (TVD) Lexus./Bisnis-Adhitya Noviardi

Bisnis.com, Madrid—Lexus International kini punya teknologi Torque Vectoring Differential (TVD) yang dibenamkan ke dalam sedan sport anyar seri GS F yang baru-baru ini dikenalkan secara detil ke media di Sirkuit Jarama, Madrid Spanyol.

Menurut Lexus, teknologi TVD, membantu pengemudi mengendalian kendaraan saat menikung tajam. TVD merupakan sistem yang pengaturan orientasi kendaraan agar tidak lari dan tetap terkendali saat menikung tajam.

MOBIL BARU: Lexus Benamkan Sistem TVD untuk seri GS F

Keterangan foto: Sedan sport Lexus GS F. / Bisnis-Adhitya Noviardi

Cara kerja sistem TVD ini adalah dengan menyeimbangkan putaran antara roda kiri dan kanan saat memasuki tikungan. Walau dengan kecepatan agak tinggi, pengendalian kendaraan saat menikung tajam terasa sangat alami.

Keunikan sistem ini, menurut klaim Lexus, adalah respons cepat dari alat control computer yang mampu menghitung transfer putaran roda dan kemudian menyesuaikan antara putaran roda kiri dan roda kanan, sesuai dengan medan tikungan yang dilalui dengan kecepatan hitung 1/1000 detik.

Ada tiga fitur TVD yang ditawarkan oleh Lexus GS F ini, seperti standar khusus untuk level yang memberikan stabilitas berkendara, kemudian slalom, untuk menempatkan respons pengendalian dari kemudi sehingga mememberikan efek yang minim saat menikung tajam, dan yang terakhir adalah untuk fitur track yang memberikan stabilitas tambahan saat kendaraat itu di besut dengan kecepatan sangat tinggi.

Untuk memenuhi hasrat pengguna kendaraan berakselerasi tinggi dengan excellent handling, Lexus baru-baru ini merilis sebuah kendaraan sedan sport baru, seri terakhir dari generasi F, yang akan segera masuk pasar dalam waktu dekat.

Mobil tersebut dibekali mesin tipe V delapan silinder (V-8, seri 477-PS 5.0 liter), berkapasitas 5000 cc dengan sistem kompresi 12,3:1, dan pencapaian kecepatan 0-100 km/h dengan waktu tempuh sekitar 4,6 detik.

MOBIL BARU: Lexus Benamkan Sistem TVD untuk seri GS F

Keterangan foto: Ruang mesin Lexus GS F. / Bisnis-Adhitya Noviardi

Mobil tersebut pertama kali dihadirkan dalam North American International Auto Show di Detroid, AS, pada Januari 2015. Namun, spesifikasi dan keunggulan kendaraan tersebut baru diumumkan secara rinci ke media dalam event GS F Global Dynamic Press Launch di Madrid, Spanyol, pada 4-6 Oktober.

enurut The Emeritus Chief Engineer Lexus International Yukihiko Yaguchi, inspirator di balik kemunculan Lexus GS F, mobil tersebut dirancang dengan kelebihan fitur berkendara yang mengakomodasi keunikan karakter para pengemudi dengan perbedaan medan yang dilalui.

“Siapa pun yang ada di belakang kemudi akan merasa nyaman. Apalagi dengan dukungan fitur berkendara yang dinamis atau Drive Mode Select dengan empat fitur berkendara seperti normal, hemat energy (eco mode), sport (sport S mode), dan sport s plus (slalom mode) untuk mereka yang membutuhkan akselerasi tinggi dengan pengendalian kendaraan yang terukur,” kata Yaguchi, enginer Lexus yang  juga mantan pembalap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Adhitya Noviardi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper