Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Honda Prospect Motor Bidik Kuasai 15% Pangsa Pasar

Menejemen PT Honda Prospect Motor optimistis tahun ini dapat mengatrol pangsa pasar menjadi kisaran 15%, naik dari capaian tahun lalu yang mencapai sekitar 13,3%
Honda Prospect Motor optimistis tahun ini dapat mengatrol pangsa pasar menjadi kisaran 15%/Ilustrasi
Honda Prospect Motor optimistis tahun ini dapat mengatrol pangsa pasar menjadi kisaran 15%/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA— Menejemen PT Honda Prospect Motor optimistis tahun ini dapat mengatrol pangsa pasar menjadi kisaran 15%, naik dari capaian tahun lalu yang mencapai sekitar 13,3%.

Menurut Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy, awalnya tahun ini pihaknya menargetkan menguasai pangsa pasar di kisaran 13%. Persentase yang dipatok tersebut tak berbeda jauh dari capaian pada tahun lalu.

Pada 2014 total penjualan HPM mencapai 159.147 unit. Sedangkan total pasar mobil pada tahun tersebut sebanyak 1,208 juta unit. Optimisme pabrikan asal Jepang tersebut meraih kenaikan pangsa pasar kurang lebih 2% bukan tanpa alasan.

Pada periode Januari-Agustus 2015 pangsa pasar yang sudah dikuasai Honda sudah sebesar 15,4%. Pada periode tersebut penjualan Honda sudah mencapai 103.494 unit. Sedangkan total penjualan mobil semua merek di Indonesia pada kurun waktu yang sama mencapai 671.641 unit.

“Awal tahun kami hanya menargetkan menguasai 13% market share. Tapi ternyata bisa naik 2% itu bagus dan kami yakin akan bertahan hingga akhir tahun,” katanya kepada Bisnis, Senin (28/9).

Kenaikan pangsa pasar tersebut diyakini terjadi karena penjualan HPM tidak mengalami penurunan sebesar anjloknya total pasar. Total pasar mobil merosot sekitar 19,1% pada delapan bulan pertama tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 830.096 unit.

Penjualan yang ditorehkan HPM sepanjang tahun ini hanya menurun sekitar 6,3% dari periode yang sama tahun lalu yang menapak jumlah 110.459 unit. Meski demikian, Jonfis mengatakan pihaknya masih mempertahankan target penjualan secara kuantitas yang dipatok tahun ini sebanyak 170.000 unit.

Menurut dia, penjualan diharapkan meningkat seiring pola beli konsumen di Indonesia yang tergenjot di akhir tahun.

“Akhir tahun biasanya masing-masing pabrikan melakukan promosi yang ditunggu-tunggu konsumen. Dan orang mau beli mobil tahun depan takut harganya naik karena pajaknya naik lagi,” ujarnya.

Sepanjang tahun ini, kontributor penjualan terbanyak bagi Honda masih disumbangkan Mobilio yang berhasil terjual 28.529 unit. Kontribusi penjualan terbanyak kedua disumbangkan HR-V yang telah terlego sebanyak 24.586 unit.

Sedangkan penjualan terbanyak ketiga datang dari Brio Satya yang sudah mencapai 18.064 unit sepanjang 2015.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler