Pasar Mobil Lesu, Penjualan Tata Motors Sudah Lampaui 2014

Raihan Tata tersebut menjadi anomali karena total pasar mobil Indonesia pada delapan bulan pertama tahun ini merosot sekitar 19,1% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Lingga Sukatma Wiangga
Lingga Sukatma Wiangga - Bisnis.com 24 September 2015  |  14:58 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Pabrikan asal India, Tata, membukukan penjualan secara wholesales sebanyak 963 unit pada periode Januari-Agustus 2015, jumlah itu melampaui penjualannya sepanjang 2014 yang hanya 914 unit.

Raihan Tata tersebut menjadi anomali karena total pasar mobil Indonesia pada delapan bulan pertama tahun ini merosot sekitar 19,1% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Public Relation Manager PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) Kiki Fajar Harianto mengakui jika penjualan pihaknya tidak terganggu perlambatan ekonomi seperti yang menimpa pasar mobil dalam dua tahun terakhir.

Menurutnya, pasar Tata tak terpengaruh karena volumenya yang relatif masih kecil. Di sisi lain, Tata pun cukup berimbang bermain di kendaraan penumpang maupun mobil komersial khususnya niaga ringan yang cenderung kuat menghadapi kondisi ekonomi yang kurang stabil.

“Pasar kami masih kecil jadi belum terkena imbas pelambatan ekonomi. Ketika satu segmen pasarnya drop kami masih bisa memaksimalkan segmen lain,” katanya kepada Bisnis, ditulis Kamis (24/9/2015).

Melihat rekam jejak penjualan Tata di Indonesia dengan merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sejak terjun ke pasar otomotif Tanah Air pada 2013 penjualannya menunjukan tren positif.

Pada 2013 Tata hanya berhasil menjual 99 unit kendaraan. Tahun berikutnya penjualan Tata melesat tajam hampir sepuluh kali lipat. Sementara itu, penjualan Tata pada Januari-Agustus 2015 naik sekitar 86,6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 516 unit.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
otomotif

Editor : Stefanus Arief Setiaji
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top