Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil Tiga Pabrikan Ini Tertinggi Selama Agustus

Pada Agustus 2015 tiga pabrikan besar yakni Toyota, Daihatsu dan Honda meraih pertumbuhan kuantitas penjualan secara wholesales paling tinggi dibandingkan dengan merek lainnya, yang disinyalir terstimulus pameran otomotif yang dihelat pada bulan tersebut
Sejumlah pemusik memainkan sejumlah lagu yang suaranya dapat dinikmati layaknya konser dalam mobil New Honda CR-V 2.4L versi Fender audio di booth Honda GIIAS 2015 , ICE , Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (25/8)./Antara
Sejumlah pemusik memainkan sejumlah lagu yang suaranya dapat dinikmati layaknya konser dalam mobil New Honda CR-V 2.4L versi Fender audio di booth Honda GIIAS 2015 , ICE , Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (25/8)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Pada Agustus 2015 tiga pabrikan besar yakni Toyota, Daihatsu dan Honda meraih pertumbuhan kuantitas penjualan secara wholesales paling tinggi dibandingkan dengan merek lainnya, yang disinyalir terstimulus pameran otomotif yang dihelat pada bulan tersebut.

Merujuk data Gabuangan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo),  pada Agustus penjualan PT Toyota Astra Motor (TAM) mencapai 31.991 unit. Jumlah itu naik tajam jika dibandingkan dengan Juli yang hanya menapak jumlah 13.495 unit. Bahkan penjualan pada Agustus itu menjadi yang terbesar sepanjang tahun ini.

Pada Januari penjualan Toyota hanya 27.166 unit, bulan kedua menurun sedikit menjadi 26743 unit dan pada Mare sebanyak 31.801 unit. Bulan keempat raihannya sedikit melandai menjadi 30.053 unit dan Mei sebanyak 23.223 unit, serta Juni 23.967 unit. 

Menurut Direktur Pemasaran PT TAM Rahmat Samulo, sekitar sepertiga hasil penjualan pada Agustus datang karena terstimulus pameran. “Selama ini kami sudah memperkenalkan produk baru dan pameran otomotif akan menggairahkan pasar,” katanya Kamis (17/9).

Bahkan dia optimistis dampak positif penjualannya masih akan berlanjut di bulan-bulan berikutnya. “Tapi itu harus didukung dengan kondisi ekonomi makro yang semakin membaik,” ujarnya.

Dengan demikian, raihan TAM pada periode Januari-Agustus 2015 sudah mencapai 208.439 unit. Dari jumlah itu tiga kontributor terbesar adalah  Avanza yang mencapai 81.876 unit, Agya sebesar 37.142 unit dan Kijang Innova sebanyak 29.322 unit.

Dengan raihan hingga Agustus tersebut, PT TAM menguasai pangsa pasar otomotif nasional sekitar 31%. Pada periode yang sama total pasar mobil semua merek mencapai 671.641 unit.

Sementara itu Gaikindo mencatat, penjualan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada Agustus sebanyak 15.808 unit. Raihan itu naik cukup tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya 8.744 unit. Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra mengakui jika pameran otomotif akhir Agustus lalu cukup mendongkrak penjualan.

Dengan demikian, hasil penjualan Daihatsu pada periode Januari-Agustus 2015 sudah mencapai 113.431 unit. Melalui raihan tersebut Daihatsu mencaplok sekitar 16,8% pangsa pasar mobil Tanah Air.

Pencapaian pangsa pasar pada delapan bulan pertama tahun ini tersebut sudah melampaui estimasi dan diharapkan Amelia dapat terus bertahan. Pasalnya, Amelia mengatakan tahun ini pihaknya menargetkan menguasai 15% pangsa pasar mobil dalam negeri.

“Posisi kami masih kedua [di bawah Toyota] dengan market share lebih dari 16%,” tuturnya.

Adapun tiga produk penyumbang penjualan terbesar Daihatsu pada periode tersebut adalah Gran Max, Xenia dan Ayla. Gran Max mencapai penjualannya mencapai 50.685 unit yang terdiri dari Gran Max Pick Up sebanyak 40.751 unit dan Gran Max Minibus 9.934 unit.

Untuk  Xenia meraih total penjualan mencapai 25.527 unit. Sedangkan Ayla memberikan sumbangsih sebanyak 22.476 unit.

Di sisi lain PT Honda Prospect Motor (HPM) pada Agustus membukukan penjualan sebanyak 13.226 unit. Jumlah itu meroket dari raihan di bulan sebelumnya yang hanya 8.861 unit. Dengan raihan pada Agustus itu jumlah penjualan Honda di delapan bulan pertama tahun ini sebesar 103.494 unit.

“Penjualan Honda di bulan Agustus berhasil meningkat dibandingkan bulan sebelumnya didukung dari penjualan Honda pada ajang GIIAS dan juga IIMS 2015 lalu, terlihat dari permintaan yang tinggi untuk produk Honda di hampir semua model”, ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT (HPM) Jonfis Fandy.

Dari segi produk, pada periode Januari -Agustus 2015 penjualan terbanyak Honda diperoleh dari Mobilio yang terjual 28.529 unit. Kontribusi penjualan terbanyak kedua datang dari produk baru yang dipasarkan awal tahun ini, yaitu HR-V yang telah terlego sebanyak 24.586 unit sepanjang tahun ini. Di posisi ketiga penjualan Brio Satya sudah mencapai 18.064 unit sepanjang 2015. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler