Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil-Mobil Mewah Konferensi Asia Afrika

Konferensi Asia-Afrika (KAA) sudah usai. Meski begitu, hiruk pikuk dan euforia yang tercipta dari perhelatan akbar itu masih segar dalam ingatan. Salah satu yang menarik perhatian adalah lalu lalang kendaraan-kendaraan pengantar para petinggi negara yang menjadi peserta KAA.
Mobil KAA. /Bisnis.com
Mobil KAA. /Bisnis.com

Bisnis.com, BANDUNG - Konferensi Asia-Afrika (KAA) memang sudah usai. Meski begitu, hiruk pikuk dan euforia yang tercipta dari perhelatan akbar itu masih segar dalam ingatan. Salah satu yang menarik perhatian adalah lalu lalang kendaraan-kendaraan pengantar para petinggi negara yang menjadi peserta KAA.

Beberapa kendaraan mewah yang terlihat wara-wiri selama pelaksanaan KAA antara lain Mercedes-Benz E-400 AMG, Mercedes-Benz E-200, Toyota Alphard, Toyota Camry 2.5 V, Fortuner VN Turbo, hingga yang paling top adalah Mercedes Benz Maybach S600 Pullman Limousine.

Lantas apa yang menjadi daya tarik dan keunggulan mobil-mobil ini sehingga dipilih menjadi kendaraan untuk para delegasi?
 
• Mer cedes Benz E-400 AMG.

Dari tiga seri E-Class lainnya, tipe ini  menawarkan performa paling tinggi. Mobil dengan dimensi panjang  4.879 mm, lebar  2.071 mm, dan tinggi 1.474 mm ini menggunakan mesin V6 2.994 cc dengan tenaga 328 daya kuda pada 5.250 – 6.000 rpm.

Akselerasinya juga mantap, dapat mencapai 0-100 km per jam dalam 5,3 detik. Akselerasi semacam ini tentu sangat menunjang perjalanan para delegasi dari Jakarta-Bandung yang membutuhkan kecepatan dan ketepatan waktu.

Dalam hal desain, nama Mercy sudah bagaikan jaminan tampilan elegan. Lampu depan sudah menggunakan LED Intelligent Light System. Penggunaan velg AMG Twin Spoke 18 inchi juga menambahkan kesan tajam tersendiri.

Label AMG menandakan bahwa mobil ini telah mendapatkan trim dari AMG, meski tanpa perubahan pada mesin. Biasanya, model Mercy AMG memiliki tampilan yang lebih agresif dengan performa, pengendalian, dan stabilitas lebih baik dibandingkan model Mercy biasanya.

AMG kerap menjadi penanda model paling mahal dari jajaran mobil Mercedes-Benz. Setidaknya hal ini dibuktikan dengan harganya yang mencapai Rp1,269 milliar (off the road)  di Indonesia.
 
• Toyota Alphar d V6 2.5 Executive Lounge

Di kelas  luxury van, Alphar d memang masih menjadi andalan banyak orang yang mendambakan kemewahan dan kenyamanan dalam ruang yang lega. Tipe V6 2.5 Executive Lounge merupakan varian terbaru dari Alphard yang dijual seharga Rp1,53 miliar.

Interior V6 2.5 EL telah mendapatkan sentuhan baru dan penyempurnaan. Kesan modern juga muncul dari iluminasi floor lamp  yang memproyeksikan tulisan Alphard serta pegangan tangan di samping pintu penumpang yang dilapisi bahan kulit berkualitas tinggi. Ground Clearace yang lebih rendah 10 mm memudahkan penumpang lansia menaiki mobil.

Mobil berdimensi panjang 4.870 mm, tinggi 1.890 mm dan lebar 1.830 mm ini memiliki kapasitas mesin 3.456 cc, dengan dilengkapi enam transmisi kecepatan.

Daya maksimalnya mencapai 275 daya kuda di 6.200 rpm dengan torsi maksimal 34,7 kgm di 4.700 rpm. Dengan berbagai kelebihannya, tak heran bila luxury van ini ikut meramaikan gelaran KAA bersama mobil mewah lainnya.

• Gr and New F ortuner VN T urbo 2015

Varian terbaru dari Fortuner yang dibanderol seharga Rp380 juta hingga Rp428  juta ini menggunakan mesin diesel yang berbeda dari tipe sebelumnya. Mesin diesel ini memiliki daya 144 tenaga kuda pada 3.400 rpm, meningkat 32% dari pada tipe mesin sebelumnya yang hanya 102 daya kuda pada 3.600 rpm.

Mesin baru tipe 2 KD-FTV 25 liter D-4D ini juga dilengkapi dengan  Variable Nozzle Turbo (VNT) pada kap mesin dan intercooler. VNT Berfungsi mengatur gas buang atau panas mesin sehingga dapat meningkatkan kinerja mesin lebih tahan lama untuk perjalanan jauh atau menempuh medan yang berat.

Adapun fitur  intercooler  bekerja dengan cara mendinginkan suhu pada turbocharger mesin. Inilah yang menghasilkan torsi lebih besar.

Tampilan luar seri ini mengalami beberapa perubahan yang memberikan kesan lebih gagah. Hal tersebut tampak pada lampu depan dengan desain yang lebih tajam, lampu kabut baru dengan ornament chrome, dan lampu  LED Daytime Running Light di bagian depan.

• Toyota Camry 2.5 V

Tampilannya berkelas dengan sentuhan fascia yang modern, sporty, dan futuristik. Desain interior yang modern menawarkan kenyamanan total.

Material jok berkualitas tinggi, dashboard  dengan panel lengkap, sistem audio berkualitas tinggi, serta moonroof untuk menikmati pemandangan langit, penumpang akan merasa betah berlama-lama di dalam ruang kabin yang lega. Secara umum, pemunculan sedan berdimensi 4.825 x 1.820 x 1.470 mm ini sungguh elegan dan mewah.

Mesin berkonfigurasi V6 dengan kapasitas 3.5 liter menghasilkan performa luar biasa untuk ukuran mobil sedan. Sistem pengereman menggunakan jenis Ventilated Disc pada bagian depan dan Disc Non Ventilated.

Urusan dapur pacu, serahkan ke Toyota Camry. Seri ini menggunakan mesin berkonfigurasi V6 berkapasitas 3.5 liter dengan 24 katup, DOHC, Dual VVT-i dan diklaim sanggup memberikan tenaga maksimal hingga 277 ps pada putaran mesin 6.200 rpm. Torsi maksimal mencapai 35,3 kgm pada putaran mesin 4.700 rpm. Akselerasi dari diam menuju kecepatan 100 km per jam hanya 9.1 detik.

Camry 2.5 V dilengkapi perangkat keselamatan tinggi sehingga mendapatkan 5 bintang untuk Safery Rating dari NHTSA. Harga yang dibanderol untuk sedan mewah ini Rp580 juta (off the road) di Jakarta.

• Mercedes Benz Maybach S600 Pullman Limousine

Jika dibandingkan tunggangan-tunggangan mewah para peserta KAA yang lain, kendaraan yang digunakan oleh Presiden Joko Widodo ini tampil paling mentereng dan berkelas.

Hadir dengan dimensi yang lebih panjang, sekitar 6,5 meter, limousine yang baru muncul ke depan publik pada Maret 2015 ini tampil beda pada perhelatan KAA.

Sedan super ekslusif ini didukung oleh performa mesin twin-turbo V12 6.0-liter yang dapat mengeluarkan tenaga 530 daya kuda, atau 390 kW dan torsi maksimum 830 nm (612 lb-ft).

Model S600 Pullman Limousin merupakan seri terbaru dari Mercy S600 Pullman Guard yang berlapis baja. Dari sisi keamanan dan kenyamanan, tak perlu diragukan. Soal harga, mobil ini diperkirakan dibanderol US$570.465 atau lebih dari Rp7 miliar.
(DEANDRA SYARIZKA & ANGGI OKTARINDA)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (3/5/2015)

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper