Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Krama Yudha Tiga Berlian Incar Penjualan Naik 7,7%

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors menargetkan penjualan 95.000 unit kendaraan penumpang dan niaga ringan tahun ini, atau naik sekitar 7,7% dari capaian tahun lalu yang mencapai 88.198 unit
Lingga Sukatma Wiangga
Lingga Sukatma Wiangga - Bisnis.com 09 Maret 2015  |  13:04 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors menargetkan penjualan 95.000 unit kendaraan penumpang dan niaga ringan tahun ini, atau naik sekitar 7,7% dari capaian tahun lalu yang mencapai 88.198 unit.

Menurut Operating General Manager of MMC Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Duljatmono, keinginan menumbuhkan penjualan tersebut tak lepas dari pasar kendaraan penumpang dan niaga ringan yang cukup dominan di Indonesia.

Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tahun lalu dari total pasar mobil yang mencapai 1,208 juta unit penjualan di kedua segmen tersebut mencapai 1,088 juta unit.

Di sisi lain harapan itu muncul setelah selama ini KTB selalu mendominasi pasar kendaraan niaga berat. Setidaknya pada tahun lalu agen pemegang merek Mitsubishi itu menguasai sekitar 47% kendaraan niaga berat dengan membukukan penjualan sebanyak 56.270 unit dari total pasar sebanyak 119.924 unit.

Optimisme KTB itu didorong oleh kebijakan pemerintah di awal tahun ini. Kebijakan yang dimaksud KTB adalah penurunan harga bahan bakar, penurunan suku bunga acuan, serta asumsi tingkat inflasi yang terkendali.

Duljatmono pun mengutip asumsi pertumbuhan penjualan otomotif nasional 2015 yang diperkirakan oleh lembaga riset Frost and Sullivan sebesar 5%. Lembaga riset internasional tersebut menyebut pertumbuhan akan terjadi karena tingkat pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan sekitar 5,5%.

Dengan besaran pertumbuhan itu disinyalir dapat menguatkan daya beli masyarakat khususnya kelas menengah. Di sisi lain adanya kemauan pemerintah menggenjot pembangunan infrastruktur yang akan memperbesar kebutuhan mobilitas masyarakat, termasuk permintaan mobil.

“Sejak lima tahun ke belakang bahkan lebih kendaraan penumpang kontribusinya sekitar 70% dan ini menjadi momentum dan peluang KTB. Selain itu, pertumbuhan otomotif tahun ini bisa mencapai 5%,” katanya di sela-sela acara media gathering akhir pekan lalu.

Untuk mencapai target yang dipatok tahun ini KTB berencana memperluas jaringan. Dia mengungkapkan, hingga 2014 KTB memiliki 232 unit diler. Dari jumlah tersebut 71 diantaranya adalah diler khusus kendaraan penumpang.

“Hingga Maret tahun ini rencananya akan menjadi 76. Tiga diler di kawasan Jabodetabek dan sisanya di Jawa Tengah dan Timur,” ujarnya.

Selain memperluas jaringan, KTB pun pertengahan tahun ini akan meluncurkan Strada Triton terbaru. Dia menambahkan, perluasaan pasar KTB di segmen kendaraan penumpang dan niaga ringan akan terus dikembangkan sehingga pada 2018 Mitsubishi mampu menjual hingga 100.000 unit lebih.

Duljatmono pun memaparkan rencana ke depan yang akan diambil pihaknya tersebut. Diantaranya menambah jaringan hingga 100 unit yang dikhususkan untuk kendaraan penumpang pada 2018.

Selain itu pada awal 2016 KTB akan akan meluncurkan Pajero Sport terbaru dan setahun berikutnya akan mulai membuka pasar di segmen low MPV. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penjualan mobil pt krama yudha tiga berlian motors
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top