Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Industri Ban: Michelin Bidik Pasar Motor Sport Jatim

Produsen ban PT Michelin Indonesia tahun ini mulai membidik pasar motor sport di Jawa Timur sejalan dengan semakin bertumbuhnya kontribusi pengguna sepeda motor sport di Indonesia yang mencapai 14%.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 21 Januari 2015  |  17:58 WIB
Ilustrasi - Bisnis/Peni Widarti
Ilustrasi - Bisnis/Peni Widarti

Bisnis.com, SURABAYA - Produsen ban PT Michelin Indonesia tahun ini mulai membidik pasar motor sport di Jawa Timur sejalan dengan semakin bertumbuhnya kontribusi pengguna sepeda motor sport di Indonesia yang mencapai 14%.

Bayu Surya Pamugar, Country of Sales and Marketing Two Wheels Division Michelin Indonesia mengatakan selama ini ban radial Michelin lebih banyak bermain di pasar kendaraan roda empat karena kebutuhan performance mobil yang berkecepatan tinggi.

"Kami sekarang memasarkan ban radial untuk menunjang pertumbuhan motor sport di Indonesia yang berkontribusi 14% pada tahun lalu dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang hanya 11% dari total sepeda motor," jelasnya dalam peluncuran Ban Michelin Pilot Street Radial, di Surabaya, Rabu (21/1/2015).

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia, penjualan motor sport pada 2014 tercatat mencapai 1,106 juta unit atau naik dibandingkan penjualan 2013 yakni 1,01 juta unit.

Dia mengatakan perkembangan motor sport di Indonesia dulu tidak banyak, tetapi kini berbagai macam merek motor sport masuk pasar dalam negeri di antaranya seperti Honda, Yamaha, Kawasaki, Ducati, BMW, Bajaj, KTM, Aprila, Triumph, TVS, Beneli dan MV.

"Potensi pasar ban radial kami di sini sangat besar, karena ban radial memang diciptakan untuk motor sport yang memiliki Cc lebih besar dibandingkan motor bebek dan skutik," ujar Bayu.

Adapun ban radial yang memiliki lapisan serat baja milik Michelin itu ditawarkan untuk ring 17 dengan ukuran 120/70, 150/60, dan 160/60 yang akan melengkapi varian Michelin radial yang ditawarkan sebelumnya yakni ukuran 110/70, 130/70 dan 140/70.

Keseluruhan produk ban Michelin ditawarkan mulai harga Rp200.000-Rp2 juta.

Dani Wirawan, Managing Director Kevindo Prima, distributor Michelin Jatim, mengatakan dalam pemasarannya di Jawa Timur, pihaknya bekerjasama dengan outlet-outlet sparepart di daerah-daerah.

"Kebanyakan outlet kami ada di Surabaya dan Malang, di beberapa kabupaten masih satu dan dua otlet," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri ban
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top