Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hino Tawarkan Pasokan Bus TransJakarta

PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) siap memasok kebutuhan bus maupun truk berbahan bakar compressed natural gas (CNG) kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, baik untuk keperluan TransJakarta maupun dinas-dinas lainnya.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) siap memasok kebutuhan bus maupun truk berbahan bakar compressed natural gas (CNG) kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, baik untuk keperluan TransJakarta maupun dinas-dinas lainnya.

Bahkan kesiapan itu ditunjukkan melalui keseriusan Hino yang saat ini sedang mempersiapkan segala sesuatu dokumen yang diperlukan untuk mengikuti lelang pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Provinsi DKI Jakarta.

"Pada dasarnya kami saat ini telah siap untuk mensuplay kebutuhan angkutan berbahan bakar CNG bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta atau pun kota-kota lainnya," tutur Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, kepada Bisnis.com, Selasa (13/1).

Hino yang telah berdiri puluhan tahun di Indonesia dan memiliki pabrik di Tanah Air itu mengaku memiliki kemampuan baik dari sisi produk maupun after sales yang berkualitas.

Menurutnya Hino pada 2007-2008 sudah siap untu mendukung TransJakarta, tetapi waktu itu berhenti. Karena, saat itu Hino hanya mengerjakan bus tipe single Sementara ketika itu yang masuk banyak perusahaan bus tipe articulated (bus gandeng), seperti permintaan pemerintah yang memang menginginkan tipe articulated waktu itu.

"Tapi ini untuk yang 2015 kami juga siap mensuplay TransJakarta, tetapi tetap single bus, bukan articulated. Kami saat ini juga sedang mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk ikut lelang elektronik," tuturnya.

Menurutnya secara produk, Hino mengaku sangat siap. Selain itu juga didukung sejumlah infrastruktur penunjang lainnya, terutama layanan after salesnya, seperti menyediakan mobil service untuk TransJakarta.

"Bus ini kan akan dipakai terus menerus, jadi maintenance tentu menjadi hal yang sangat penting, dan kami siap untuk itu secara infrastruktur," tuturnya.

Keseriusan pihaknya juga disampaikan saat pertemuan dengan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki T. Purnama di Balaikota perihal persiapan Hino untuk dukungan program TransJakarta CNG BBG, belum lama ini.

Sementara itu, seusai pertemuan tersebut, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki T. Purnama menyambut baik kesiapan Hino tersebut. Namun demikian pihaknya juga mengharapkan ada sebuah transfer knowledge yang bisa diperoleh pemerintah.

"Mereka saya minta bantu dengan program corporate social responsibility (CSR) melatih anak-anak usia 16 - 17 tahun yang tidak sekolah untuk menjadi mekanik, lalu melatih sopir-sopir angkot dan metromini untuk membawa bus, atau truk sampah juga, kan DKI selama ini juga beli truk-truk sampah dari Hino," tuturnya.

Menurutnya pelatihan tersebut juga dapat menguntungkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, mengingat akan mengurangi angka pengangguran dan juga semakin mudah dalam menyeleksi kemampuan orang dalam menyetir bus apabila TransJakarta membutuhkan sopir.

"Buat Hino itu CSR, tapi buat kita untung dong. Kita dapat sopir boleh milih. Kalau misalkan busnya 1000 tetapi yang ngelamar 10 ribu orang, maka tidak susah seleksinya," ujarnya.

Gubernur yang biasa disapa Ahok itu mengakui bahwa pihaknya memang mendorong agar Hino membangun bus TransJakarta yang tipe single.

Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI mengaku siap memenuhi permintaan Gubernur DKI Jakarta terkait program csr tersebut.

"Kami siap memberikan training itu. Kita selama ini juga telah melakukan penjualan sejumlah truk untuk Dinas Kebersihan juga disertai training sopirnya. Hal ini mengingat setiap kendaraan tentu berbeda karakternya," tuturnya.

Pihaknya secara penyediaan trainner mengaku sangat siap, namun masih memiliki kendala persoalan lahan untuk latihan.

"Kami siap dari trainernya, yang penting ada tempat untuk latihan. Ini menjadi satu projek untuk kebaikan, jadi kami siap saja," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper