SUV MU-X: Isuzu Jadikan Jawa Tengah dan Yogyakarta Pasar Utama

PT. Isuzu Astra Motor Indonesia mengincar wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta sebagai salah satu pasar utama produk barunya SUV MU-X yang diluncurkan pada semester II tahun ini.
Anggi Oktarinda
Anggi Oktarinda - Bisnis.com 07 Oktober 2014  |  02:26 WIB
SUV MU-X: Isuzu Jadikan Jawa Tengah dan Yogyakarta Pasar Utama
Ilustrasi - isuzuute.com.au

Bisnis.com, YOGYAKARTA --  PT. Isuzu Astra Motor Indonesia mengincar wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta sebagai salah satu pasar utama produk barunya SUV MU-X yang diluncurkan pada semester II tahun ini.

Ratmin Sucipto, Kepala Wilayah Jawa Tengah - yang mencakup Jawa Tengah dan Yogyakarta - Astra Isuzu, mengatakan pasar SUV kelas atas di wilayah Jateng - DIY mencapai 250 unit per bulan. Pihaknya akan membidik pangsa pasar yang tidak kecil tersebut.

"Iya Jateng - DIY ini salah satu pasar utama kami. Kami tinggal bidik saja berapa persen dari kue pasar yang 250 unit. Misalnya 15%-20%," katanya di sela-sela acara Isuzu Customer Gathering 2014 di Sheraton Hotel, Yogyakarta, Senin (6/10).

Namun, untuk tahun ini dia belum mematok target jumlah penjualan varian SUV yang dipatok di harga sekitar Rp436,5 juta tersebut.

"Produk ini baru diluncurkan. Tahun ini kami tidak muluk-muluk. Kami ukur dulu kemampuan," ujarnya.

Dia mengatakan sejak diluncurkan pada pertengahan Agustus lalu, jumlah unit SUV MU-X telah terpesan hingga 50 unit.

Namun demikian, konsumen masih harus menunggu kiriman unit tersebut dari pabrik Isuzu di Thailand.

"Ini [MU-X] produk baru. Thailand kan baru akhir tahun lalu launching. Kemudian setelah itu Australia [launching] awal tahun ini. Indonesia negara kedua di luar Thailand, launching Agustus. Tapi karena permintaan di Thailand sendiri tinggi, kita menunggu supply dari sana," ujarnya.

Secara nasional, lanjutnya, pasar SUV high mencapai sekitar 60.000 unit per tahun atau sekitar 5.000 unit per bulan.

Kue tersebut, ujarnya, tidak kecil. Di sisi lain, tambahnya, Isuzu juga memiliki produk sekelas sehingga yakin dapat bersaing di kelas tersebut.

"Kalau bisa bidik 20% saja, kan sekitar 12.000 unit," katanya.

Lisa Tjandra, Regional Sales Head Jateng, Jatim, dan Bali PT Isuzu Astra Motor Indonesia, menambahkan produk MU-X diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen Isuzu yang menginginkan life style.

Selama ini, ujarnya, Isuzu telah terkenal kuat pada produk Panther.

"Panther punya segmen tersendiri, yakni lebih ke konsumen perusahaan yang butuh pergerakan cepat. Kalau MU-X lebih ke life style," katanya.

Puti Annisa, Marketing Communication Departement Isuzu Astra Motor Indonesia, menambahkan perseroan menyiapkan 500 unit varian MU-X untuk memenuhi permintaan konsumen di Indonesia sejak launching pada Agustus hingga Desember 2014.

Pada tahun ini, lanjutnya, perusahaan belum memiliki target penjualan tertentu untuk varian MU-X tersebut.

"Kami masih pemain baru di SUV ini. Masih meraba-raba. Makanya kami siapkan 500 unit dan itu akan dihabiskan dulu," katanya sambil menambahkan jumlah MU-X yang telah laku terpesan secara nasional hingga saat ini mencapai 350 unit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
isuzu

Editor : Saeno
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan
Top