Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MOBIL MEWAH: Berganti Chairman, Ferrari Akan Perbanyak Produksi

Ferrari akan menggenjot produksi mobil lebih banyak dari rencana sebelumnya setelah Sergio Marchionne, CEO Fiat SpA, mengambil jabatan tertinggi di perusahaan pembuat supercar pada bulan depan.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 11 September 2014  |  20:50 WIB
MOBIL MEWAH: Berganti Chairman, Ferrari Akan Perbanyak Produksi
Sergio Marchionne, CEO Fiat SpA. - Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, MILAN - Ferrari akan menggenjot produksi mobil lebih banyak dari rencana sebelumnya setelah Sergio Marchionne, CEO Fiat SpA, mengambil jabatan tertinggi di perusahaan pembuat supercar pada bulan depan.

Marchionne, yang akan menjadi chairman Ferrari pada 13 Oktober, mengatakan dirinya berencana untuk secara bertahap meningkatkan produksi kendaraan seperti LaFerrari US1,3 miliar untuk mengikuti meningkatnya jumlah konsumen ultra-kaya.

"Jika kelas meningkatkan, kita harus bisa mengikuti mereka," kata Marchionne di sebuah acara di Balocco, Italia, hari ini Kamis (11/9/2014). Jika tidak, "daftar tunggu akan menjadi terlalu lama, dan orang-orang lelah menanti."

Rencananya tersebut kontras dengan strategi Luca Cordero di Montezemolo, yang mengundurkan diri sebagai chairman Ferrari selama 23 tahun, kemarin setelah berselisih pendapat dengan Marchionne.

Montezemolo ingin membatasi volume pembuat supercar hanya 7.000 mobil per tahun untuk menjaga eksklusivitas. Pada Mei, Marchionne menunjukkan bahwa Ferrari memiliki potensi untuk menjual sekitar 10.000 kendaraan per tahun.

Ferrari, yang berbasis di Maranello, Italia, 90% sahamnya dimiliki oleh Fiat dan merupakan komponen kunci dari rencana Marchionne untuk memperluas penjualan mobil mewah setelah merger yang kemudian melahirkan Fiat Chrysler Mobil NV.

Namun, Montezemolo yang mengambil alih unit tersebut pada 1991 itu ingin mempertahankan status otonom Ferrari, bukan menjadi anak perusahaan seperti Volkswagen AG Lamborghini.

"Orang-orang tidak boleh meremehkan pentingnya Ferrari untuk grup ini," kata Marchionne. "Secara struktural, dalam hal siapa kita sebagai produsen mobil, mereka telah dan akan terus untuk mendefinisikan kita."

Kebutuhan keuangan

Marchionne akan mengambil jabatan tertinggi di unit Ferrari pada hari yang sama saat saham perusahaan gabungan FCA ini ditetapkan untuk memulai trading di New York.

Dia mengatakan hari ini bahwa sementara kelompok tidak "teknis" perlu untuk mengumpulkan uang untuk membiayai rencana ekspansi senilai 55 miliar euro (US$ 71 miliar), dewan baru FCA akan meninjau pilihan ini pada akhir Oktober.

CEO mengatakan hari ini bahwa Fiat berada di trek untuk mencapai target pendapatan 2014, dibantu oleh penjualan Chrysler di Amerika Utara. Pabrikan asal Italia ini berusaha untuk meningkatkan keuntungan sebanyak 18% tahun ini.

Untuk terus meningkatkan pendapatan di tahun-tahun mendatang, Fiat Chrysler berencana untuk menggelar lebih banyak model kelas atas seperti sedan Maserati Ghibli, yang menggunakan mesin yang dikembangkan dan dibangun oleh Ferrari.

Sementara Marchionne mengatakan tidak ada rencana untuk menjual saham di unit supercar, karena hal itu tidak penting untuk grup dalam jangka panjang.

"Apakah saya pikir mereka sangat penting untuk konfigurasi FCA selamanya? Jawabannya adalah tidak, "kata Marchionne hari ini. "Tapi mereka mewakili yang terbaik dari apa yang produsen mobil dapatkan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil mewah ferrari

Sumber : Bloomberg

Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top