Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kinerja Penjualan KIA di Tangsel Tertekan

Kendati pangsa pasar dan prospek penjualan diyakini bagus tetapi penjualan mobil KIA di Tangerang Selatan menunjukkan tren penurunan.
Muhammad Abdi Amna
Muhammad Abdi Amna - Bisnis.com 05 September 2014  |  18:15 WIB

Bisnis.com, TANGERANG—Kendati pangsa pasar dan prospek penjualan diyakini bagus tetapi penjualan mobil KIA di Tangerang Selatan menunjukkan tren penurunan.
 
Sonny, Kepala Cabang dealer KIA Plaza Serpong, Tangerang mengatakan adanya mobil murah low cost green car (LCGC) secara signifikan telah menekan penjualan pada paruh pertama 2014. Akibatnya, penjualan periode Januari-Juni hanya mencapai 80% dari target.
 
“Target per bulan 30 unit. Semester I yakni Januari-Juni seharusnya 180 tapi hanya mencapai 80%,” ujarnya di Serpong, Jumat (5/9).
 
Dia meyakini dengan adanya mobil LCGC, tidak hanya penjualan mobil baru yang tertekan, penjualan mobil bekas juga pasti terkena dampaknya.

Konsep LCGC yang pada awalnya diperuntukkan bagi kalangan menengah, tuturnya, kini tidak jarang dimanfaatkan juga oleh kalangan atas.

Lesunya penjualan mobil pada tahun ini, tuturnya, diperparah dengan adanya pemilihan umum presiden yang berdekatan dengan hari Lebaran.

Penjualan pada hari Lebaran yang biasanya meningkat, karena beriringan dengan pemilu presiden menjadi sepi pembeli.

Kendati demikian, lanjutnya, pihaknya tetap optimis penjualan di paruh kedua 2014 dapat menutup kekurangan penjualan pada paruh pertama.

Seminimalnya, jika target penjualan 2014 tidak tercapai, maka realisasi harus berada di atas penjualan 2013.
 
Melemahnya nilai tukar rupiah, lanjutnya, juga menjadi salah satu faktor pendukung semakin tertekannya penjualan pada tahun ini.

Karena, harga jual mobil KIA yang dikirim langsung dari pabrik pusat di Korea Selatan harus disesuaikan dengan nilai tukar rupiah.
 
Oleh karena itu, guna meningkatkan performa penjualan, pihaknya tengah gencar melakukan promosi dan melaksanakan pameran di sejumlah pusat perbelanjaan di Tangerang Selatan.

Sejumlah promosi khusus seperti pemasangan jok kulit gratis dan penambahan aksesoris penunjang juga diberikan kepada konsumen.
 
“Kami masih lihat perkembangan pasar, untuk program promosi terbaru masih dalam pembahasan,” tuturnya.
 
Adapun penjualan mobil KIA untuk tipe Pregio yang telah memiliki segmen pasar tersendiri, lanjutnya, sejumlah perusahaan biasanya langsung melakukan pemesanan unit dalam jumlah yang banyak ke kantor pusat.

Saat ini, tuturnya, tersedia enam tipe mobil KIA di dealer KIA Plaza Serpong.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kia tangsel
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top