Isuzu MU-X Incar Pasar SUV Premium Domestik

Meski pasar otomotif di segmen SUV mengalami penurunan yang cukup signifikan pada semester I/2014, Isuzu tak gentar hadapi pasar. Buktinya, merek yang tergabung dalam Grup Astra itu mulai menggarap pasar high sport utility vehicle
Lingga Sukatma Wiangga
Lingga Sukatma Wiangga - Bisnis.com 18 Agustus 2014  |  23:56 WIB
Isuzu MU-X Incar Pasar SUV Premium Domestik
Isuzu MU-X, pesaing utama Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner - Drive.com

Bisnis.com, JAKARTA—Meski pasar otomotif di segmen SUV  mengalami penurunan yang cukup signifikan pada semester I/2014, Isuzu tak gentar hadapi pasar. Buktinya, merek yang tergabung dalam Grup Astra itu mulai menggarap pasar high sport utility vehicle.

Produk baru PT Isuzu Astra Motor (IAM) di segmen high sport utility vehicle (high  SUV) tersebut adalah MU-X.

Produk tersebut diklaim IAM dapat menjadi posisi tiga besar di kelasnya. IAM pun sesumbar produk itu kelak akan menguasai 25%-40% pangsa pasar high SUV Indonesia.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, pada periode 2011-2013 segmen SUV mencatatkan angka pertumbuhan rata-rata 19,5% per tahun.

Pertumbuhan naik pesat pada 2012 sebesar 35%, mencapai 63.628 unit, sedangkan pada tahun sebelumnya jumlah penjualan hanya 47.007 unit.

Pertumbuhan penjualan pada 2013 hanya sekitar 4% dari tahun sebelumnya, dengan total penjualan segmen SUV  66.179 unit.

Kinerja penjualan di segmen SUV pada semester I/2014 menurun drastis hingga sekitar 23%, jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pada semester I/2013 penjualan SUV di Tanah Air 36.930 unit, saat ini para produsen hanya mampu menjual sebanyak 28.376 unit.

Menurut Presiden Direktur PT IAM Yohannes Nangoi, pasar SUV menurun akibat pertumbuhan ekonomi Tanah Air yang melambat.

Hal tersebut berpengaruh pada sektor pertambangan dan komoditas. Analisis Yohannes,  konsumen SUV tidak sedikit dari perusahaan pertambangan maupun komoditas.

“Biasanya yang beli SUV dari perusahaan tambang, juga perkebunan. Jadi yang beli memang butuh dan selektif,” tuturnya di sela-sela acara peluncuran MU-X, Senin (18/8/2014).

Dia tidak khawatir dengan turunnya pasar SUV, karena MU-X masuk dalam segmen high SUV.  Di segmen tersebut konsumen cenderung tidak terlalu mempermasalahkan harga, namun lebih mempertimbangkan kualitas kendaraan.

MU-X saat ini dibandrol RP425 juta on the road Jakarta. Penjualannya di kawasan Jawa diperkirakan mencapai 60%-70%. Yohannes menambahkan, high SUV akan berkontribusi 40% dari penjualan SUV dalam negeri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
otomotif, isuzu

Editor :
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan
Top