Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meski Ditopang LCGC, Pasar City Car Tetap Lesu

Pasar otomotif di segmen city car pada kuartal II/2014 dipastikan lesu. Padahal, pasar segmen tersebut ditopang oleh penjualan kendaraan harga terjangkau berbahan bakar hemat (LCGC)

Bisnis.com, JAKARTA—Pasar otomotif di segmen city car pada kuartal II/2014 dipastikan lesu. Padahal, pasar segmen tersebut ditopang oleh penjualan kendaraan harga terjangkau berbahan bakar hemat (LCGC).

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, pada kuartal I/2014 terjual  59.530 unit kendaraan di segmen tersebut. Rinciannya, secara berturut-turut periode Januari-Maret terjual sebanyak 19.454, 20.450, dan 17.626 unit kendaraan.

Adapun pada April dan Mei 2014, berturut-turut terjual 16.869, dan 15.971 unit kendaraan. Jika di Juni ini penjualannya masih berada pada rata-rata 16.000 unit, maka jumlah penjualan kendaraan di kuartal II/2014 segmen city car hanya mencapai 42.840 unit saja.

Pada 2013, total market share segmen ini mencapai 9,23% dari total penjualan otomotif Nasional. Pada periode Januari-Mei, segmen ini menguasai 17,74% pangsa pasar otomotif Nusantara. Di periode yang sama, city car sudah terjual sekitar 92.370 unit.

Menurut Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) penjualan di segmen tersebut memang besar di awal tahun. Pasalnya, konsumen otomotif di Indonesia ada dalam euphoria produk baru khususnya LCGC.

Lebih jauh Samulo mengatakan, segmen city car tidak akan terlalu berkembang seperti segmen low MPV. Dia memprediksi penjualan di segmen city car kedepannya akan berada pada kisaran 15.000 hingga 16.000 unit per bulan.

Demand tinggi karena euphoria model baru. LCGC baru keluar pada September tahun lalu, banyak inden. Jadi permintaan banyak tertunda dan baru terpenuhi tahun ini. Justru menurut saya penjualan April-Mei itu titik stabilnya,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (26/6/2014).

Di segmen City Car sendiri TAM memiliki dua produk yaitu, Etios dan Agya. Selama periode Januari-Mei, Etios sudah laku terjual sekitar 5.946 unit.

Artinya, rerata penjualan per bulan sekitar 1.189 unit. Angka tersebut masih dalam rata-rata penjualan TAM, bahkan lebih. Pasalnya, Samulo menargetkan Etios laku terjual per bulan di kisaran 800-900 unit.

Untuk Agya, Samulo menargetkan terjual 5.000 unit per bulan. Sedangkan data Gaikindo mencatat, Agya selama periode Januari-Mei 2014 sudah terjual 31.166 unit. Jika dirata-ratakan, selama lima bulan terakhir penjualan per bulan Agya mencapai 6.233 unit.

“Untuk city car kami tidak mempunyai target spesifik. Tapi untuk bulan Juni ini saya rasa penjualannya akan kembali naik,” katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper