Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Argentina-Brasil Kembali Jajaki Perdagangan Mobil

Argentina dan Brazil menandatangani pakta perdagangan bilateral otomotif baru berdurasi 12-bulan pada Rabu lalu (13/6). Hal ini dinilai akan memberikan Buenos Aires keuntungan dalam perdagangan.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BUENOS AIRES—Argentina dan Brazil menandatangani pakta perdagangan bilateral otomotif baru berdurasi 12-bulan pada Rabu lalu (13/6). Hal ini dinilai akan memberikan Buenos Aires keuntungan dalam perdagangan.

Perdagangan di bidang otomotif (mobil) kedua negara bernilai US$36 milyar, Padahal antara kedua negara tetangga tersebut memiliki banyak perselisihan komersial dalam beberapa tahun terakhir.

Kebangkitan perjanjian di bidang otomotif sangat penting untuk mengembalikan volume perdagangan dan membantu mendekatkan kembali kerjasama kedua negara.

Perjanjian itu berakhir tahun lalu akibat sengketa dalam penetapan ketentuan kerjasama.

Brazil pun mengatakan kesepakatan tersebut menguntungkan karena akan meningkatkan volume perdagangan bilateral.

"Masalah utama adalah volume perdagangan, dan rasio yang disetujui terkait aliran perdagangan bebas antara kedua negara," kata Menteri Perdagangan Brazil Mauro Borges pada konferensi pers di Buenos Aires.

Kedua negara sepakat untuk membekukan pangsa pasar mereka saat ini. Itu berarti mobil Brasil tidak dapat menguasai lebih dari 44% penjualan di Argentina, sementara mobil Argentina tidak bisa lebih dari 11% dari penjualan di Brasil.

Brazil dan Argentina merupakan pasar penting bagi para pembuat mobil seperti Fiat SpA, Volkswagen AG, General Motors Co dan Ford Motor Co.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Sumber : reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper