Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mahasiswa ITS Ciptakan Mobil Listrik

Sebuah karya anak bangsa kembali dihadirkan dalam pameran mobil listrik nasional (Molina) di Mall F(X) Sudirman, Jakarta, Selasa (29/4/2014). Kali ini, pameran menampilkan empat mobil nasional hasil karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya
Muhammad Khamdi
Muhammad Khamdi - Bisnis.com 30 April 2014  |  07:11 WIB
Mobil Listrik. Mahasiswa ITS mulai memamerkan rakaitanya - JIBI
Mobil Listrik. Mahasiswa ITS mulai memamerkan rakaitanya - JIBI

Bisnis.com,JAKARTA--Sebuah karya anak bangsa kembali dihadirkan dalam pameran mobil listrik nasional (Molina) di Mall F(X) Sudirman, Jakarta, Selasa (29/4/2014). Kali ini, pameran menampilkan empat mobil nasional hasil karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Dari empat unit mobil tersebut, dua di antaranya adalah mobil listrik. Dua unit mobil listrik tersebut masing-masing berwarna merah dan putih. Satu mobil menggunakan transmisi, sedangkan satunya lagi tanpa transmisi.

Mobil ketiga merupakan mobil kekuatan surya dan sudah pernah tampil di kejuaraan di Darwin, Adelaide, Australia. Mampu menempuh 780 kilometer/jam. Tahun depan mobil kekuatan surya ini akan diikutkan kembali pada kejuaraan yang sama.

Mobil keempat yaitu mobil yang desainnya menyerupai mobil batman, atau biasa disebut oleh mahasiswa ITS yaitu Lowo Ireng. Mobil ini merupakan mobil dengan motor bensin, dengan manajemen energi yang dibuat sendiri oleh laboratorium ITS.

Semua mobil yang dipamerkan akan dibawa perjalanan dari Jakarta menuju Surabaya. Pelepasannya akan berlangsung bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2014 pada 2 Mei 2014, dengan rute Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. 

Dalam pembukaan Pameran Mobil Listrik Nasional (Molina), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menguraikan pameran ingin membuktikan bahwa perguruan tinggi negeri bisa memberikan gagasan-gagasan yang sangat mulia jika diberikan kesempatan dan dukungan.

“Ini sebagai jawaban bahwa perguruan tinggi tidak hanya masuk dalam konseptual semata, tetapi juga bisa menghasilkan suatu produk yang riil,” tuturnya saat membuka pameran di Mall F(X) Sudirman, Jakarta, Selasa (29/4/2014).

Dia mengatakan peluncuran Molina menunjukkan mahasiswa Indonesia tidak hanya berhenti sampai pada lomba semata. Sehingga akan lebih baik jika hasil karya dalam lomba bisa dijadikan produk riil yang bisa dimanfaatkan secara massal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil listrik
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top