Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENGECILAN LUBANG TANGKI: Bergantung Pada Kemauan Pertamina

Kalangan produsen kendaraan bermotor di Tanah Air menyatakan pencegahan kendaraan bermotor roda 4 yang hemat energi dan harga terjangkau (KBH2) menenggak Premium sangat tergantung kepada Pertamina. Sebab, pengecilan lubang tangki bensin mobil juga perlu didukung nozzle yang ukurannya lebih besar.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kalangan produsen kendaraan bermotor di Tanah Air menyatakan pencegahan kendaraan bermotor roda 4 yang hemat energi dan harga terjangkau (KBH2) menenggak premium sangat tergantung kepada Pertamina. Sebab, pengecilan lubang tangki bensin mobil juga perlu didukung nozzle yang ukurannya lebih besar.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto mengatakan kendati produsen bisa menyelesaikan persiapan maksimal dalam 6 bulan, kalau Pertamina belum tuntas tetap takkan maksimal.

“Pertamina perlu mapping [memetakan]. Pertamina bilang ada sekitar 5.400 SPBU di Indonesia, mesti dihitung ada berapa nozzle [yang ukurannya perlu diperbesar]. Karena masing-masing SPBU jumlah nozzle Premium dan Pertamax-nya berbeda,” katanya, di Jakarta, Kamis (17/4/2014).

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan mewajibkan produsen otomotif memproduksi KBH2 dengan ukuran lubang tangki bensin lebih kecil. Jongkie menyatakan pihaknya telah menyetujui kebijakan ini.

Catatan saja, KBH2 alias low cost and green car (LCGC) mengkonsumsi seliter bensin untuk menempuh 20 km sedangkan non-LCGC rerata 12 km per liter. Artinya, terdapat efisiensi sekitar 60% BBM per unit mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper