Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Fuel Cell Toyota Dijual Massal Mulai 2015

Toyota Motor Corp. (TMC) berencana memroduksi massal mobil berbahan bakar hidrogen (fuel cell)) mulai 2015. Kini Toyota FCV, demikian namanya, baru menjadi mobil konsep di pameran Tokyo Motor Show 2013.
Toyota FCV/Carscoop.com
Toyota FCV/Carscoop.com

Bisnis.com, TOKYO - Toyota Motor Corp. (TMC) berencana memproduksi massal mobil berbahan bakar hidrogen (fuel cell)) mulai 2015. Kini Toyota FCV, demikian namanya, baru menjadi mobil konsep di pameran Tokyo Motor Show 2013.

Petinggi TMC Satoshi Ogiso menyataan FCV mampu menempuh jarak 500 kilometer dengan waktu isi ulang relatif singkat seperti pengisian bahan bakar minyak.

Sayangnya, mobil itu belum akan masuk ke Indonesia. Dua tahun mendatang baru dipasarkan di Jepang kemudian merambah Eropa dan Amerika pada 2016

 “Toyota tidak ingin mobil ini hanya di sewakan pada pemerintah atau selebritis seperti nasib kendaraan fuel cell sebelumnya. Ini akan menjadi mobil harian konsumen dan tersedia luas di diler,” ucapnya mengutip laman resmi PT Toyota Astra Motor (TAM) www.toyota.co.id, Kamis (21/11/2013). 

Pengisian ulang listrik FCV tak memerlukan jaringan luar sehingga prosesnya memakan waktu berjam-jam. Sebab, kendaraan ini menghasilkan listrik dari reaksi hydrogen dengan oksigen pada fuel cell stack dan sepasang tanki hydrogen bertekanan tinggi. Proses ini tak hanya menghasilkan setrum tapi juga uap air.

Fuel cell stack menghasilkan energi puncak 100 kW per 134 horse power. Dimensi motor listrik pada FCV bisa diperkecil karena voltase listriknya bisa ditingkatkan berkat boost converter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper