Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suzuki Wagon R Rp77 Juta Segera Mengaspal

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan segera memulai penjualan mobil murah ramah lingkungan (LCGC) Karimun Wagon R. Pasalnya, eluruh proses verifikasi LCGC sudah dirampung sehingga pemesanan dapat segera dipenuhi.
Karimun Wagon R/Bisnis.com
Karimun Wagon R/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan segera memulai penjualan mobil murah ramah lingkungan (LCGC) Karimun Wagon R. Pasalnya, seluruh proses verifikasi LCGC sudah dirampungkan, sehingga pemesanan dapat segera dipenuhi.

Sales Director SIS Endro Nugroho mengatakan verifikasi Wagon R selesai sejak 6 November 2013. "Sekarang sudah selesai. Besok pun sudah bisa dijual," tuturnya kepada Bisnis, Kamis (7/11/2013).

Proses verifikasi dilakukan oleh lembaga survei independen untuk memastikan komitmen pemenuhan 85% komponen lokal. Setiap agen tunggal pemegang merek (ATPM) otomotif diberi waktu lokalisasi komponen produk mobil murahnya selama 5 tahun.

SIS siap melepas Wagon R ke pasar dengan harga mulai dari Rp77 juta per unit untuk tipe GA, tipe GL Rp89,9 juta, dan WagonR GX sekitar Rp99,9 juta per unit. Sejauh ini, pesanan yang terkumpul mencapai 1.158 unit. Secara resmi mobil ini akan dirilis pada 10 November 2013.

"[Pemenuhan pesanan] tidak perlu menunggu Desember. Bulan ini juga sudah bisa dipenuhi. Kami berusaha terus mendorong Wagon R [agar penjualan terus tumbuh]," ujar Endro.

Rangkaian verifikasi Wagon R bukan cuma menyangkut pemenuhan syarat spesifikasi mesin dan desain. Rantai pasokan komponen juga ditelusuri untuk memastikan kadar lokalisasi konten.

Pemeriksaan komponen mobil murah dari lokal akan dilakukan setiap enam bulan. Jika ada agen tunggal pemegang merek otomotif peserta program LCGC yang diketahui tak memenuhi komitmen sesuai rencana kerja maka kepersertaannya akan dicabut.

Kehadiran Wagon R membuat target produksi LCGC pada 2013 sekitar 4% dari target produksi 1,2 juta unit kendaraan semakin memungkinkan. Keseluruhan mobil murah, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, yang terjual dari pabrikan ke diler (wholesales) pada September 2013 baru 8.509 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper