Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Murah: Suzuki Wagon R, Honda Brio Satya Masih Proses Verifikasi

Bisnis.com, JAKARTA - Mobil murah Suzuki Wagon R dan Honda Brio Satya segera menyusul Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang sudah meluncur lebih dulu di pasaran. Dua produk low cost and green car (LCGC) ini masih dalam proses verifikasi ndi Kementerian Perindustrian.

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kemenperin, Budi Darmadi, mengatakan Brio Satya baru menyelesaikan verifikasi perusahaan, belum untuk produknya sedangkan Suzuki Wagon R tengah memverifikasi perusahaan. 

"Sekarang Suzuki dan Honda yang sedang dalam proses verifikasi LCGC," katanya kepada Bisnis, Senin (21/10/2013).

Verifikasi program LCGC dilakukan melalui lembaga survei independen untuk memastikan pemenuhan 85% konten mobil murah dari dalam negeri. Setiap agen tunggal pemegang merek (ATPM) otomotif diberi waktu melokalisasi komponennya hingga 85% selama 5 tahun.

Pengecekan konten lokal mobil murah mengacu kepada roadmap lokalisasi produksi di dalam proposal yang diajukan masing-masing ATPM. Saat ini, pemenuhan komponen lokal ada yang sudah 51%, 45%, dan 47%. "[Konten lokal] yang tertinggi adalah Toyota Agya".

Selain Toyota, Suzuki, Daihatsu, dan Honda ada merek baru yang turut serta dalam program LCGC, yakni Datsun GO. Seluruh peserta wajib menyusun jadwal lokalisasi sekitar 10.000 komponen terutama untuk mesin, transmisi dan axle.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper