Mazda Optimistis Penjualan September 2013 Naik

Bisnis.com, JAKARTA - Agen tunggal pemegang merek Mazda, PT Mazda Motor Indonesia memperkirakan pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) pekan lalu tak langsung mempengaruhi penjualan September 2013.
Dini Hariyanti
Dini Hariyanti - Bisnis.com 02 Oktober 2013  |  17:55 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Agen tunggal pemegang merek Mazda, PT Mazda Motor Indonesia memperkirakan pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) pekan lalu tak langsung mempengaruhi penjualan September 2013.

Sebab, transaksi penjualan atas pesanan yang diajukan konsumen baru akan terealisasi mulai Oktober.

Presiden Direktur Mazda Motor Indonesia Keizo Okue optimistis penjualan selama bulan lalu bakal meningkat dibandingkan dengan Agustus. Namun, pertumbuhan akan lebih signifikan pada bulan ini, karena ada pengiriman kendaraan dari pesanan selama IIMS.

Penjualan bulan lalu diproyeksi mencapai lebih dari 1.000 unit. Tapi tak disebutkan detil proyeksi penjualan selama Oktober. Tak tertutup kemungkinan penjualan bulan ini mencapai 3.000 unit sekitar 2.800 di antaranya berasal dari pesanan IIMS.

"September penjualan kami akan meningkat dibandingkan Agustus. September orang menantikan IIMS. Saya berharap penjualan lebih efektif terdorong realisasi transaksi IIMS," ucap Okue saat ditemui Bisnis di kantornya, Jakarta, Rabu (2/10/2013).

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat volume penjualan dari pabrikan ke diler mobil merek Mazda selama Agustus berkisar 935 unit. Jumlah ini merosot sekitar 29,8% dari Juli yang mencapai 1.331 unit karena ada libur lebaran sekitar 14 hari pada Agustus.

Sedangkan total penjualan Mazda Motor Indonesia sejak awal tahun hingga bulan kedelapan sebanyak 7.155 unit. Angka itu tumbuh tipis 0,21% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 7.140 unit.

Okue optimistis sampai akhir tahun penjualan Mazda tetap didominasi kendaraan penumpang nonsedan, yaitu hatchback, multi purpose vehicle kelas atas (Upper MPV), dan sport utility vehicle (SUV). Primadona di kelas hatchback adalah Mazda 2, Biante pada segmen upper MPV, dan CX5 untuk produk SUV.

"Produk unggulan kami ada CX5, Mazda 2 dan Mazda Biante, ini yang penjualannya terbanyak. Kami yakin produk hatchback Mazda bahkan tidak akan tergeser pasar mobil murah," ujarnya.

Sebanyak 295 unit Mazda 2 terjual selama Agustus, sejak awal tahun jumlahnya mencapai 2.159 unit. Maza Biante laku 115 unit, totalnya 1.169 unit selama Januari-Agustus. Angka penjualan tertinggi adalah CX5 sejumlah 320 khusus pada Agustus, hingga bulan ke-8 mencapai 2.256 unit.

Di tengah kondisi makro ekonomi Indonesia sekitar dua bulan terakhir, Mazda Motor Indonesia mengaku tetap percaya diri atas kinerja penjualan mereka. Keyakinan ini berangkat dari penyelenggaraan IIMS 2013 yang membukukan pesanan lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

"Gaikindo mencatat pesanan selama IIMS 2013 [sekitar 19.367] naik 10% dari 2012. Ini petanda baik bahwa kinerja industri otomotif tidak mencerminkan kelesuan makro ekonomi," ucap Okue.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
iims, mazda

Editor : Sepudin Zuhri
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top