Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Mobil LCGC Akan Turun 3,3%

BISNIS.COM, JAKARTARata-rata harga jual mobil  tahun ini (2013) diprediksi naik 2,7%  mencapai Rp 180 juta per unit  dibandingkan tahun lalu  sebesar Rp 175 juta per unit. Namun, dengan hadirnya program mobil murah dan ramah lingkungan

BISNIS.COM, JAKARTARata-rata harga jual mobil  tahun ini (2013) diprediksi naik 2,7%  mencapai Rp 180 juta per unit  dibandingkan tahun lalu  sebesar Rp 175 juta per unit. Namun, dengan hadirnya program mobil murah dan ramah lingkungan diperkirakan akan turun rerata penjualan mobil sekitar 3,3% menjadi Rp 174,05 juta.

GM Corporate Planning and Public Relation PT Toyota Astra Motor (TAM) Widyawati menerangkan kenaikan rata-rata penjualan tersebut dipicu oleh produsen yang masih sama dan belum adanya pemain baru di Indonesia. Menurutnya, rata-rata penjualan akan tetap terus bertumbuh sejalan dengan permintaan konsumen yang terus bertambah dalam tahun ini.

“Target penjualan mobil tahun ini 1,1 juta unit jadi diperkirakan rata-rata penjualan tersebut bisa mencapai Rp 180 juta per unit,” ujar Widyawati dalam acara Jelang Mudik Toyota, Senin (8/7/2013).

Namun, dia menerangkan, rata-rata harga jual tersebut dapat turun jika mobil murah dan ramah lingkungan hadir di industri motif. Penurunan tersebut, sambungnya, disebabkan oleh berpindahnya konsumen pada produk mobil biasa kepada mobil murah dan ramah lingkungan.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian, Mohamad Suleman Hidayat, memperkirakan produksi mobil murah ramah lingkungan (low cost green car) tahun ini bisa mencapai 75.000 unit. Hidayat menerangkan,jika sudah bisa memproduksi dengan kapasitas penuh, maka pasar LCGC Indonesia diperkirakan mencapai 300 ribu unit setahun. Hingga kini, Hidayat mengatakan ada beberapa produsen yang sudah memproduksi LCGC sebagi stok.

Berdasarkan asumsi Menperin terkait produksi sebanyak  75.000 unit dengan asumsi harga Rp 95 juta (off the road), Widyawati memperkirakan rata-rata harga jual mobil tahun ini (akan) turun menjadi Rp 174,05 juta.

Asumsi tersebut, lanjutnya, di dapat dari target penjualan mobil (2013) sebanyak 1 juta unit dengan rata-rata harga jual (2013) senilai Rp 180 juta  ditambah asumsi produksi dari Kemenperin sebanyak 75.000 unit dengan harga jual mobil LCGC senilai Rp 95 juta (off the road) menjadi 1,075 juta unit. “Jadi jika di jumlahkan akan diperoleh rata-rata penjualan harga mobil tahun ini menjadi Rp 174 juta,” ujarnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper