Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bosch Masuk Bisnis Car-Sharing dengan Van Listrik

Pengguna car-sharing meningkat, dan menyewa mobil dengan cepat melalui aplikasi telah dilakukan oleh hampir 2 juta orang di Jerman. Di pasar yang bertumbuh ini, Bosch meluncurkan layanan berbagi baru untuk van listrik.
Di Jerman, satu dari sepuluh mobil bersama sekarang dilengkapi dengan sistem penggerak motor listrik. /BOSCH
Di Jerman, satu dari sepuluh mobil bersama sekarang dilengkapi dengan sistem penggerak motor listrik. /BOSCH

Bisnis.com, STUTTGART - Pengguna car-sharing meningkat, dan menyewa mobil dengan cepat melalui aplikasi telah dilakukan oleh hampir 2 juta orang di Jerman. Di pasar yang bertumbuh ini, Bosch meluncurkan layanan berbagi baru untuk van listrik.

Bersama dengan Toom, anak perusahaan dari grup ritel Jerman, Rewe, Bosch akan menguji layanan di toko-toko perangkat keras, yang tepatnya di mana ada permintaan untuk van dengan ruang yang cukup untuk membawa pembelian berat dan besar.

“Bosch tumbuh dengan layanan digital untuk mobilitas perkotaan. Layanan untuk berbagi mobil listrik memiliki potensi besar untuk pertumbuhan,” kata Rainer Kallenbach, Presiden Divisi Solusi Mobilitas Terpadu di Bosch, dalam keterangan pers, Selasa (9/10/2018).

Dengan lebih dari 330 toko, Toom adalah salah satu penyedia teratas di industri perbaikan rumah Jerman. Mulai Desember 2018, hanya perlu beberapa klik untuk pelanggan di lima toko yang dipilih untuk langsung memesan mobil listrik di lokasi, dan dengan cepat dan mudah mengambil lempengan batu, tanaman balkon, dan pot cat rumah bersama mereka.

“Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk keberlanjutan, kami selalu ingin terus meningkatkan kontribusi kami terhadap perlindungan lingkungan. Oleh karena itu, kami sangat senang bahwa kami sekarang dapat menawarkan kepada pelanggan kami cara yang ramah lingkungan untuk membawa pulang pembelian mereka,” kata Wolfgang Vogt, Direktur Pengelola Gim untuk Keuangan dan Personel.

Bosch sudah berpengalaman dalam bisnis layanan berbagi, seperti yang ditunjukkan oleh Coup, layanan sewanya untuk skuter listrik. Sejak diluncurkan pada 2016, Coup terus berkembang, dan kini memiliki armada 3.500 skuter di Berlin, Paris, dan Madrid.

Armada Listrik Sewa

Di Jerman, satu dari sepuluh mobil bersama sekarang dilengkapi dengan sistem penggerak motor listrik. Dalam skema Coup dan van-sharing, Bosch memilih secara eksklusif untuk kendaraan bertenaga listrik.

"Pengemudian sepenuhnya listrik sangat ideal untuk mobilitas perkotaan, apakah itu berarti lalu lintas pengiriman di pusat kota atau mobilitas individu di kota-kota besar," kata Kallenbach.

Layanan berbagi-bersama pada awalnya akan ditawarkan di Jerman, di toko-toko perangkat keras di Berlin, Frankfurt, Leipzig, Troisdorf, dan Freiburg. Di toko-toko ini, tempat pengisian sudah tersedia untuk mobil listrik kecil, yang disediakan oleh StreetScooter.

Bosch memasok komponen powertrain untuk kendaraan ini. Perusahaan percaya bahwa mobil listrik bersama memiliki ruang untuk aplikasi di luar sektor toko perangkat keras. jika layanan berbagi baru terbukti populer, Bosch berencana untuk memperluasnya agar menyertakan mitra lain, apakah ini toko toom lain, toko furnitur, supermarket, atau elektronik toko.

Selamat Tinggal Stres Belanja

Berbagi mobil telah lama menjadi ceruk pasar, seperti yang ditunjukkan oleh pertumbuhan cepat sektor ini. Pada 2025, pasar diproyeksikan mencakup sebanyak 36 juta pengguna di seluruh dunia (Frost & Sullivan). Semakin banyak pengguna, terutama di kota-kota besar, memanfaatkan layanan berbasis aplikasi untuk memesan kendaraan setiap saat, siang atau malam, lalu naik ke kanan dan pergi.

Pembelian besar jarang masuk ransel yang mungkin digunakan pembelanja saat bepergian melalui kota dengan skuter atau sepeda sewaan. Siapa pun yang menemukan diri mereka membutuhkan cara untuk mengangkut pembelian toko perangkat keras mereka dapat menggunakan layanan baru untuk memesan van listrik lapang, baik beberapa jam di muka atau pada menit terakhir ketika melakukan pembelian. Vans dapat dikembalikan ke stasiun yang sama, tempat belanja.

Keuntungan besar di sini adalah pengguna membayar tarif per jam rata yang termasuk jarak tempuh dan pengisian ulang baterai, pengaturan yang seringkali lebih murah daripada rental mobil klasik. Selain itu, seluruh proses dari sewa untuk kembali sepenuhnya digital - tanpa dokumen yang membosankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper