Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kawasaki dan TUC Kembangkan Kendaraan Otonom Bawah Laut

Kawasaki dan The Underwater Centre (TUC), bersepakat melakukan uji verifikasi prototipe Autonomous Underwater Vehicle (AUV) dengan robot berlengan untuk inspeksi pipa bawah laut. Tes dijadwalkan pada Oktober 2018 itu akan menjadi tes pertama di dunia.
Kenji Tomida, Vice President and Senior Executive Officer, Kawasaki (kiri); Fiona Hyslop, Scottish Cabinet Secretary for Culture, Tourism and External Affairs; dan Steve Ham, Commercial Director, The Underwater Centre (TUV). /Kawasaki
Kenji Tomida, Vice President and Senior Executive Officer, Kawasaki (kiri); Fiona Hyslop, Scottish Cabinet Secretary for Culture, Tourism and External Affairs; dan Steve Ham, Commercial Director, The Underwater Centre (TUV). /Kawasaki

Bisnis.com, TOKYO - Kawasaki Heavy Industries, Ltd. dan The Underwater Centre (TUC)--fasilitas pengujian dan pelatihan kelautan di Fort William, Skotlandia, Inggris, bersepakat melakukan uji verifikasi prototipe Autonomous Underwater Vehicle (AUV) dengan robot berlengan untuk inspeksi pipa bawah laut. Tes dijadwalkan pada Oktober 2018 itu akan menjadi tes pertama di dunia.

Dengan fokus pada meningkatnya permintaan untuk pemeliharaan saluran pipa di ladang minyak dan gas lepas pantai, Kawasaki telah mengembangkan teknologi komponen terdepan untuk AUV, berdasarkan teknologi kapal selam canggih yang dipupuk di rumah selama bertahun-tahun.

Bertujuan untuk komersialisasi pada TA 2020, Kawasaki saat ini sedang mengembangkan AUV yang mampu mengisi di bawah air dan mentransfer data inspeksi ke kapal induk fitur yang memungkinkan waktu penyebaran lebih lama sementara secara otonom menemukan dan melacak jalur pipa dari jarak dekat, termasuk yang terkubur di bawah dasar laut endapan.

Pada November 2017, Kawasaki berhasil menyelesaikan uji verifikasi di TUC untuk pemasangan docking bawah laut secara otomatis dari AUV prototipe ke stasiun pengisiannya, yang melibatkan pengisian tanpa kontak dan komunikasi optik berkapasitas besar.

Untuk pengujian yang akan datang, memanfaatkan sinergi teknologi, Kawasaki berencana menggunakan prototipe AUV yang dilengkapi dengan lengan robot dengan unit alat inspeksi terlampir (saat ini sedang dikembangkan), untuk mencapai lokasi otonom dan pelacakan saluran pipa bawah laut.

Tes ini akan fokus pada memverifikasi kemampuan lengan robot untuk mengimbangi pergerakan AUV karena arus pasang surut, dan pada memverifikasi bahwa unit alat pemeriksaan dapat terus melacak saluran pipa di bawah kondisi tersebut.

Skotlandia adalah pemimpin global dalam pengembangan lepas pantai, dan inovasi teknologi bawah laut untuk pengembangan minyak dan gas lepas pantai.

Mencerminkan minat kuat Pemerintah Skotlandia dalam kerja sama ini, perjanjian dasar dengan TUC ditandatangani di hadapan Sekretaris Kabinet Skotlandia untuk Kebudayaan, Pariwisata, dan Urusan Eksternal, Fiona Hyslop, yang mengunjungi Jepang.

Dia mengatakan bahwa Rencana Aksi Bawah Laut Pemerintah Skotlandia, yang diluncurkan pada Januari 2017 mencerminkan ambisi kami untuk mendukung sektor penting ini, tidak hanya di pasar minyak dan gas internasional, tetapi juga untuk melakukan diversifikasi ke sektor lain termasuk energi terbarukan dan penambangan laut dalam.

"Saya senang karena Kawasaki Heavy Industries, Ltd, salah satu perusahaan besar Jepang, telah memutuskan untuk mengembangkan teknologi inovatif ini di Skotlandia yang pasti memenuhi ambisi kami. Ini adalah berita fantastis untuk The Underwater Centre di Fort William.

Steve Ham, Direktur Komersial The Underwater Centre mengatakan bahwa institusi yang dipimpinnya menyambut poisitif dukungan Kawasaki selama pengujian AUV mereka di lokasi uji air laut. "Kami telah membangun hubungan yang sangat baik atas pengembangan dan pengiriman proyek dan kami berharap dapat menyambut mereka kembali ke Fort William akhir tahun ini dan di masa depan. ”

Kesepakatan itu juga menyatakan bahwa TUC akan bekerja sama dengan Kawasaki untuk pengembangan teknologi kendaraan bawah laut di masa depan. Perjanjian ini akan meningkatkan komitmen Kawasaki untuk semakin memperkuat kemitraan mereka dengan Pemerintah Skotlandia dan TUC, untuk mendorong pengembangan teknologi masa depan untuk AUV dan kendaraan bawah laut lainnya.

Kawasaki dan TUC Kembangkan Kendaraan Otonom Bawah Laut

AUV dilengkapi dengan lengan robot untuk inspeksi pipa bawah laut. (Kawasaki)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper