Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Truk Berbahan Bakar Gas di China Naik Pesat

Penjualan truk besar atau heavy duty truck (HDT) berbahan bakar gas diperkirakan mencetak rekor penjualan di China tahun ini. Sebab pemerintah telah melakukan kampanye anti-polusi yang mencakup pembatasan kendaraan diesel.
Truk berbahan bakar gas/Istimewa
Truk berbahan bakar gas/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Penjualan truk besar atau heavy duty truck (HDT) berbahan bakar gas diperkirakan mencetak rekor penjualan di China tahun ini. Sebab pemerintah telah melakukan kampanye anti-polusi yang mencakup pembatasan kendaraan diesel.

Saat ini truk gas berkontribusi sekitar 4% dari lebih 6 juta unit truk dengan kapasitas 40 sampai 49 ton. Permintaan untuk truk gas melonjak karena perusahaan dan produsen beralih ke kendaraan yang menggunakan gas yang dipandang Beijing sebagai bagian penting dari perang melawan kabut asap.

Penjualan truk-truk besar berbahan bakar gas melonjak 540% menjadi hampir 39.000 unit dalam 7 bulan pertama tahun ini.

"Kami melihat ledakan di truk LNG tahun ini, berkat dorongan kebijakan pemerintah," kata Mu Lei, manajer pemasaran untuk China National Heavy Duty Truck Group, yang dikenal sebagai Sinotruk, produsen terbesar HDT, seperti dikutip dari Reuters, Senin (9/10/2017).

Pergeseran ke truk gas membantu permintaan bahan bakar LNG di China. Selaras dengan proyek utama pemerintah untuk mengalirkan gas kepada 1,4 juta rumah tangga agar beralih dari batu bara.

Perusahaan China seperti Jereh Group dan ENN Energy Holding, yang membangun stasiun pengisian bahan bakar LNG, dan Zhangjiagang CIMC Sanctum Cryogenic Equipment Co, Ltd, yang mengkhususkan diri pada tangki LNG, diperkirakan mendapat keuntungan dari ledakan gas tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper