Agar Kendaraan Prima Saat Mudik, Perhatikan Komponen Ini

Aki tergolong produk pendukung kendaraan yang masuk kategori rendah dalam hal kepedulian penggunanya.
Asteria Desi Kartika Sari | 18 Mei 2019 12:51 WIB
Ilustrasi. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Aktivitas modern kerap menuntut orang menghabiskan waktu lama dalam kendaraan, tak terkecuali saat mudik Lebaran. Nah agar perjalanan nyaman dan tenang, perlu kiranya Anda memerhatikan aki.

Aki atau alat penyimpan energi listrik ini berperan vital dalam kendaraan. Pasokan listrik dari elemen tembaga tersebut menopang hidup dan matinya sistem dalam sebuah mobil. Artinya alat ini vital dalam menjaga kendaraan tetap berfungsi baik.

Meski sangat penting, tak semua konsumen melek akan produk ini. Alhasil konsumen hanya berpatokan asalkan belum rusak tidak diganti, atau pada rentang waktu garansi produsen. 

Kebiasaan tersebut sejalan dengan survei Kantar Millward Brown (konsultan merek global) yang menunjukkan, sebanyak 53% konsumen mengatakan bahwa hal utama yang mereka cari dari produk aki adalah ketahanannya. Hal ini berkaitan erat dengan layanan purna jual aki, yaitu garansi.

Di lain pihak, survei lain juga ternyata menunjukkan bahwa walaupun mereka sangat mementingkan kenyamanan berkendara, konsumen tidak terlalu peduli akan pilihan aki dan juga kondisinya.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh produsen aki NS Battery, rasio jumlah orang yang tidak memprioritaskan pilihan aki untuk kendaraan mereka adalah sebesar 1:8. Artinya, aki tergolong produk pendukung kendaraan yang masuk kategori rendah dalam hal kepedulian penggunanya.

Melihat fakta tersebut dan berkomitmen untuk tetap mengutamakan kenyamanan para pengguna kendaraan, bulan April 2019 lalu NS Battery melakukan terobosan dengan meluncurkan produk aki NS Tiger untuk kendaraan penumpang dengan garansi resmi 36 bulan, yang pertama di Indonesia.

Melalui produk terbaru ini, NS Battery memberikan lebih banyak pilihan durasi garansi bagi pemilik dan pengguna kendaraan – sebelumnya, NS Battery telah memproduksi aki bergaransi resmi 8, 12 dan 18 bulan, selain untuk lebih memberikan kepastian bagi konsumen dalam hal kenyamanan dan keamanan dalam waktu lebih lama saat berkendara.

“Tren gaya hidup terus berkembang, model dan tipe kendaraan juga semakin canggih. Orang berkendara bukan lagi hanya mementingkan fungsi, namun juga kenyamanan dari berbagai aspek – semua keunggulan dan fitur diinisiasi oleh baterai, dalam hal ini aki mobil,” jelas Richard Tandiono, Presiden Direktur PT. Nipress Energi Otomotif, melalui keterangan resminya, Sabtu (18/5/2019).

Manfaat garansi menjadi prioritas utama dalam hal kesinambungan inovasi aki mobil, yang berpengaruh langsung terhadap kemudahan dan kenyaman. Berbeda dengan aki pada umumnya yang memberikan garansi toko – artinya garansi hanya berlaku di toko tersebut – aki ini memberikan garansi resmi langsung dari pabrik kepada pengguna.

“Jika ada kerusakan dari pabrik, aki juga akan diganti dengan unit yang baru. Selain itu, kami menyediakan layanan penuh untuk berbagai keluhan yang terkait dengan aki melalui free call,” ujarnya.

Selain itu, garansi tipe lain biasanya mengharuskan adanya syarat pengecekan rutin. Dengan NS Battery, selama masa garansi konsumen tidak diharuskan melakukan pengecekan rutin. Ini sangat menguntungkan bagi pengguna, di mana mereka dapat menikmati layanan garansi tersebut selama 36 bulan tanpa syarat dan ketentuan yang rumit.

Sayangnya, berdasarkan data panggilan masuk ke Call Center NS Care dari konsumen di bulan April 2019, sebanyak 33% konsumen terindikasi tidak mengetahui dengan baik keberadaan kartu garansi sehingga mereka tidak bisa memperoleh manfaat garansi baik dari sisi informasi maupun penanganan klaim.

Charles Jhonatan Onasis Sianipar, Brand Marketing Section Head PT. Nipress Energi Otomotif mengungkapkan, penanganan garansi sudah tersedia secara online lewat situs www.nsbattery.com – menu warranty, dan saat ini NS Battery sedang mengembangkan sistem yang memungkinkan konsumen meregistrasikan kartu garansi secara online.

“Ini memudahkan mereka untuk mendapatkan layanan penuh atas garansi produk aki NS yang mereka beli. Jadi kalau sewaktu-waktu konsumen ingin mendapatkan pelayanan namun lupa di mana menaruh kartu garansi, kebutuhan mereka tetap bisa dilayani asalkan sudah teregister, salah satunya bisa melalui registrasi online.”

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran, tips otomotif

Editor : Miftahul Ulum
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top
Tutup