Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Komoditas Anjlok, Penjualan Motor Honda di Riau Merosot

Penjualan sepeda motor Honda di wilayah Riau tercatat merosot 25% dan sesuai prediksi diler motor Honda setempat, salah satu pemicu yakni anjloknya harga komoditas perkebunan.
Honda Motor Sport./Nurudin Abdullah-Bisnis
Honda Motor Sport./Nurudin Abdullah-Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU – Penjualan sepeda motor Honda di wilayah Riau tercatat merosot 25% dan sesuai prediksi diler motor Honda setempat, salah satu pemicu yakni anjloknya harga komoditas perkebunan.

Sales Dept Head PT Capella Dinamik Nusantara, diler motor Honda di Riau, Suryadi mengatakan dari data sementara perusahaan, penjualan motor berlogo sayap mengepak di daerah itu sekitar 60.000 unit.

“Penjualan kami sekitar 60.000 unit untuk semua tipe motor, dan perkiraan kami turun sebesar 25% dibandingkan tahun lalu,” katanya kepada Bisnis, Minggu (31/7).

Suryadi mengatakan beberapa pemicu anjloknya penjualan motor daerah tersebut, dikarenakan turunnya dua sektor unggulan di Riau yaitu migas dan perkebunan. Untuk harga komoditas perkebunan, harga tandan buah sawit dan karet di Riau saat ini berada pada level Rp1.500 per kilogram pada penjualan industri, sementara di level petani masih di bawah Rp1.000.

Sementara itu harga karet juga masih rendah yaitu di level Rp4.000 dimana sebelumnya harga ideal hasil karet mencapai Rp10.000. Kondisi ini menyebabkan daya beli masyarakat kian menurun, termasuk untuk membeli sepeda motor. “Khusus sektor migas, seperti yang diketahui yaitu di Bengkalis dan Siak juga sedang terjadi pengurangan tenaga kerja, sampai saat ini masih belum membaik,” katanya.

Guna mengantisipasi kondisi tersebut, perseroan telah menyiapkan beberapa langkah di antaranya promosi reguler untuk penjualan setiap bulannya dengan menawarkan uang muka ringan pembelian sepeda motor mulai Rp800.000. Selain itu pihaknya mendukung promosi produk terbaru Honda dari PT Astra Honda Motor seperti peluncuran All New CBR 250RR pekan lalu di Jakarta, dan untuk Riau saat ini pemesanan online telah dibuka.

Data terakhir perusahaan kata Suryadi, sudah ada dua pembeli yang memesan untuk mendapatkan sport bike teranyar dari Honda tersebut. Bagi konsumen yang sudah memesan, Honda Capella diperkirakan akan mengirimkan unit motornya pada Oktober mendatang.

Di kesempatan terpisah Regional Head PT Capella Dinamik Nusantara Sie Ceng mengatakan pihaknya bakal semakin sering menggelar kegiatan yang melibatkan konsumen setia motor Honda atau loyalty program, salah satunya pengguna skutik Honda BeAT.

“Dalam waktu dekat yaitu 13 Agustus nanti kami akan menggelar kegiatan perayaan produksi ke 10 Juta Honda BeAT secara nasional. Untuk Pekanbaru kami pusatkan di salah satu pusat belanja,” katanya.

Adapun sepanjang tahun lalu penjualan motor Honda di Riau mencapai 126.000 unit, sedangkan pada tahun ini ditargetkan meningkat tipis sebesar 5% menjadi sekitar 133.000 unit sampai akhir 2016 mendatang.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler