Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suzuki Perluas Pasar di Kalimantan

PT Suzuki Indomobil Sales membuka dua diler baru kendaraan roda empat di Banjarmasin dan Sampit sebagai bagian dari strategi perluasan jaringan yang direncanakan 10 hingga 15 diler tahun ini
PT Suzuki Indomobil Sales membuka dua diler baru kendaraan roda empat di Banjarmasin dan Sampit sebagai bagian dari strategi perluasan jaringan yang direncanakan 10 hingga 15 diler tahun ini./JIBI
PT Suzuki Indomobil Sales membuka dua diler baru kendaraan roda empat di Banjarmasin dan Sampit sebagai bagian dari strategi perluasan jaringan yang direncanakan 10 hingga 15 diler tahun ini./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA PT Suzuki Indomobil Sales membuka dua diler baru untuk kendaraan roda empat di Banjarmasin dan Sampit sebagai bagian dari strategi perluasan jaringan yang direncanakan 10 hingga 15 diler tahun ini.

Menurut Davy J. Tuilan, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), strategi perluasan jaringan diperlukan pihaknya untuk meraih target penguasaan pasar mobil secara ritel yang mencapai 14%-15% tahun ini. 

Sebagai gambaran, merujuk data internal Suzuki, pada 2014 pabrikan asal Jepang itu berhasil mencatatkan penjualan secara ritel sebanyak 160.490 unit.Sedangkan pencapaian penjualan ritel Suzuki pada 2013 sebesar 159.787 unit.

Sebagai catatan, merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada 2014 penjualan mobil secara ritel dari keseluruhan merek mencapai 1,1 juta unit.Jumlah tersebut lebih rendah 2% dari penjualan ritel tahun sebelumnya yang sebanyak 1,21 juta unit.

Davy mengatakan, sepanjang 2014 pihaknya memiliki 265 diler yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada tahun ini, Suzuki telah meresmikan tiga diler baru setelah sebelumnya membuka di kawasan Karawaci, Tangerang, Banten, pada 12 Februari lalu.

“Perluasan diler memang diperlukan untuk membuka pasar, kami memang berencana menambah 10 sampai 15 unit diler tahun ini. Hingga akhir tahun lalu Suzuki sudah memiliki 265 diler,” ujar Davy, Rabu (25/2/2015).

Jika mengacu pada pasar otomotif nasional, penjualan mobil di Banjarmasin dan Sampit memang tidak terlalu besar. Namun pasar di sana cukup menjanjikan melihat penjualan Suzuki di sana terus bertumbuh.

Pada 2013 Gaikindo mencatat, Provinsi Kalimantan Selatan berkontribusi sekitar 1,7% sedangkan Provinsi Kalimantan Tengah menyumbang 0,3% terhadap total penjualan mobil di Indonesia yang mencapai 1,229 juta unit.

Mitra Suzuki yang mengelola diler di sana, dari tahun ke tahun selalu menunjukan peningkatan penjualan. Pada 2010 berhasil membukukan penjualan sebanyak 1.723 unit. Setahun berikutnya meningkat menjadi 2.987unit.

Pada 2012 penjualannya mencapai  4.094unit. Sedangkan pada 2013 hingga Desember 2014 telah berhasil mencatatkan total penjualan kendaraan roda empat sebanyak  8.175unit.

Untuk menggenjot pasar, Davy mengaku tidak ada strategi khusus. Pihaknya hanya akan menambah daya saing produk serta peningkatan kinerja diler. Untuk itu, Mitra Suzuki telah melakukan standarisasi terhadap diler 3S (Sales, Service, Spareparts). Dengan hadirnya diler baru tersebut, Mitra Suzuki hingga kini telah memiliki 13 diler dan 4  diantaranya telah memiliki  fasilitas 3S.

Sebagai gambaran, di Banjarmasin diler tersebut berdiri di atas lahan seluas  8.500 m2 dengan luas bangunan sekitar5.170 m2. Sedangkan untuk di Sampit berdiri di atas lahan sekitar  11.627 m2 dengan luas bangunan sekitar2.480 m2.

Diler Suzuki di Banjarmasin tersebut dilengkapi dengan kapasitas servisyang mencapai14 stall dan mampu menampung 42 unit kendaraan per hari. Sedangkan diler di Sampit  dilengkapi dengan kapasitas servis4 stall, sehingga total kapasitas bengkel mampu menampung hingga 30 unit per hari. Kedua diler tersebut dilengkapi pula dengan layanan  body and paint  dengan fasilitas 1 spray booth dengan 14 tools.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper