Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Lebaran Tak Pengaruhi Peta Sebaran Motor

PT Astra Honda Motor (AHM) menyatakan tak terjadi pergeseran sebaran distribusi sepeda motor menjelang Lebaran. Penjualan tetap terkonsentrasi di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Sumatra Utara.

Bisnis.com, JAKARTA—PT Astra Honda Motor (AHM) menyatakan tak terjadi pergeseran sebaran distribusi sepeda motor menjelang Lebaran. Penjualan tetap terkonsentrasi di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Sumatra Utara.
Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat total distribusi motor Honda ke area tersebut sekitar 1,76 juta unit pada semester I/2014. Perinciannya di Jawa Barat 515.166 unit, Jawa Timur 503.605 unit, Jawa Tengah 286.079 unit, DKI Jakarta 276.397 unit, dan Sumatra Utara 173.842 unit.
“Tidak, [mudik tak pengaruhi peta sebaran motor]. Mudik juga dialami oleh konsumen yang diluar Pulau Jawa juga,”ujar Deputy General Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya saat dihubungi Bisnis, Rabu (16/7/2014).
Sementara itu, Ketua Umum AISI Gunadi Sindhuwinata berpendapat DKI Jakarta tidak akan menjadi wilayah dengan penjualan motor terbanyak karena pasarnya sudah penuh. Lambat laun sebaran kuda besi akan merambat ke wilayah di luar Pulau Jawa.
"Kenaikan pendapatan sudah meresap ke luar Jawa. Tidak ada pertumbuhan [di DKI], yang ada tinggal replacement saja,” tuturnya.
Distribusi motor ke Jawa mencapai 62,10% dari total penjualan 4,2 juta unit selama semester pertama. Penjualan terbanyak setelahnya ada di Pulau Sumatra sebesar 18,54% disusul Kalimantan 7,64%, Sulawesi 6,72%, Bali 4,06%, dan Irian Jaya 0,46%.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Dini Hariyanti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper