Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup Toyota Tetap Andalkan MPV ke Pasar Ekspor

Grup Toyota memproyeksikan setidaknya sampai 5 tahun ke depan kinerja ekspor tetap ditopang mobil penumpang serbaguna (multi purpose vehicle/MPV). Kendatipun konsumen global lebih suka sedan tetapi andalan raksasa otomotif asal Jepang ini tak berpaling dari MPV.

Bisnis.com, JAKARTA—Grup Toyota memproyeksikan setidaknya sampai 5 tahun ke depan kinerja ekspor tetap ditopang mobil penumpang serbaguna (multi purpose vehicle/MPV). Kendatipun konsumen global lebih suka sedan tetapi andalan raksasa otomotif asal Jepang ini tak berpaling dari MPV.

Director Corporate and External Affairs Directorate, Production and Logistic Control Directorate TMMIN I Made Dana M Tangkas mengatakan perusahaan terus menjajaki wilayah baru yang potensial sebagai target ekspor.

Sejak 2000 grup Toyota mengekspor ke lebih dari 70 negara berupa mobil utuh, terurai, mesin, komponen, dan lainnya.

"Jika ada peluang terbuka di negara importir baru dan produk kami sesuai dengan kebutuhan konsumen di pasar tersebut, kami akan pasok," katanya kepada Bisnis seusai seremoni ekspor Avanza ke Timur Tengah, di Jakarta, Senin (16/6/2014).

Sepanjang tahun lalu pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memproduksi 522.000 kendaraan sedangkan TMMIN menghasilkan 163.000 unit. Jumlah ini diproyeksikan meningkat ke level 525.000 unit untuk ADM dan 165.000 unit Toyota sepanjang tahun ini.

Pasokan ke domestik dan ekspor dari fasilitas produksi yang dioperasikan TMMIN sekarang mendekati 50% : 50%. Sepanjang tahun lalu grup Toyota Indonesia berkontribusi 80% terhadap total kinerja ekspor industri otomotif nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper