Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil Bakal Menanjak Jelang Lebaran

Agen pengecer resmi kendaraan bermotor roda empat memproyeksikan penjualan bulan ini bakal lebih besar daripada realisasi Mei.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Agen pengecer resmi kendaraan bermotor roda empat memproyeksikan penjualan bulan ini bakal lebih besar daripada realisasi Mei. Tak hanya karena hari kerja lebih panjang tapi juga terpengaruh momentum Lebaran.

Pabrikan mobil umumnya mengalami penyusutan penjualan selama Mei lantaran ada 4 tanggal merah. Alhasil, realisasi pengiriman mobil dari pabrikan ke diler (wholesales) susut 8,06% terhadap April.

Data tentatif Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan wholesales Mei hanya 98.198 unit, sedangkan bulan sebelumnya 106.811 unit. 

Head of Sales Marketing & DND Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Davy J. Tuilan meyakini penjualan membaik pada bulan ini.

“Bulan ini penjualan kami di level 14.000 unit, kontribusi terbesar tetap pikap Futura dan Mega Carry serta low MPV Ertiga,” katanya kepada Bisnis, Rabu (11/6/2014).

Dari April ke Mei, SIS selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Suzuki membukukan penurunan wholesales 7,84% menjadi 12.662 unit. Namun, penjualan dari diler ke konsumen (retailsales) naik 6,17% menjadi 13.223 unit untuk periode yang sama.

SIS memperkirakan jelang lebaran permintaan meningkat sekitar 10%  - 15%. Tren ini diyakini bukan cuma berlaku untuk Suzuki melainkan kesleuruhan pasar kendaraan roda empat, terutama mobil penumpang. “Kenaikan akan terjadi secara merata bulan ini,” ucap Davy.

Kendati wholesales April ke Mei susut tapi total penjualan Suzuki selama 5 bulan pertama tahun ini tumbuh 14,8% menjadi 68.682 unit dari perolehan Januari – Mei 2013. Kondisi juga terasa pada sisi retailsales yang meningkat sekitar 13% menjadi 68.501 unit.

Tulang punggung bisnis tetap pikap Futura dan Mega Carry diperkirakan laku sekitar 6.000 unit. Produk terlaris setelahnya ialah mobil serbaguna kelas bawah Ertiga berkisar 4.000 unit. Khusus low cost and green car (LCGC) Karimun Wagon R sedikitnya terjual 1.800 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper