Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Honda Terlempar dari 3 Besar Produsen Mobil di Tanah Air

Honda lengser dari urutan mobil terlaris ketiga digantikan Suzuki pada April 2014. Selama 4 bulan pertama tahun ini 3 merek dengan penjualan terbanyak ialah Toyota, Daihatsu, dan Suzuki.
Honda Mobilio/Bisnis.com
Honda Mobilio/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Honda lengser dari urutan mobil terlaris ketiga digantikan Suzuki pada April 2014. Selama 4 bulan pertama tahun ini 3 merek dengan penjualan terbanyak ialah Toyota, Daihatsu, dan Suzuki.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat pada bulan lalu terjual 106.900 unit, anjlok 5,5% dari 113.077 unit pada Maret. Tiga merek dengan penjualan terbanyak di atas masing-masing berkontribusi 36,8%, 14,7%, dan 12,9%.

Sementara, Honda cuma menyumbang 12,2% terhadap total penjualan dari pabrikan ke diler (wholesales). Perlu dicermati adanya pergerakan signifikan di pasar otomotif domestik sejak Mobilio yang ditukangi PT Honda Prospect Motor (HPM) muncul pada Januari 2014.

Low multi purpose vehicle (LMPV) itu membuat penjualan Honda bulan lalu naik drastis 94,2% terhadap periode yang sama 2013. Pada bulan keempat tahun ini laku 13.025 unit sedangkan April tahun lalu hanya 6.707 unit.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual HPM Jonfis Fandy menyatakan Mobilio menyumbang lebih dari separuh realisasi wholesales April. Selama 4 bulan pertama 2014, LMPV ini terjual 25.876 unit dan resmi dinobatkan sebagai produk terlaris Honda.

“Mobilio memberikan kontribusi signifikan terhadap penjualan kami. [Penjualan] Maret [lebih tinggi mencapai 10.592 unit] karena kami mengejar pemenuhan inden Mobilio sejak September 2013,” katanya, akhir pekan lalu.

Kendati penjualan Honda bulan lalu meroket terhadap perolehan April 2013 tapi jumlahnya tetap susut 10,4% terhadap Maret 2014. Sedangkan merek dengan penurunan penjualan terbesar adalah Nissan mencapai 51,7%.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler