Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lubang Tangki Bensin LCGC akan Diperkecil

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meminta produsen mobil hemat bahan bakar dengan harga terjangkau (low cost and green car/LCGC) mengecilkan lubang tangku bensin. Ini bertujuan untuk menekan potensi penyalahgunaan konsumsi Premium oleh LCGC.

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meminta produsen mobil hemat bahan bakar dengan harga terjangkau (low cost and green car/LCGC) mengecilkan lubang tangku bensin. Ini bertujuan untuk menekan potensi penyalahgunaan konsumsi Premium oleh LCGC.

 Di samping itu, direncakan pula untuk menempelkan stiker khusus di sisi kanan bawah setir kemudi serta tutup tangki bahan bakar yang berisi pemberitahuan bahwa kendaraan bersangkutan dilarang menenggak Premium. Jika produsen yang tergabung dalam Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) setuju, ke depannya seluruh produk LCGC akan menerapkan hal tersebut.

Menteri Perindustrian M.S. Hidayat menyatakan sebetulnya LCGC Astra-Toyota Agya dan Astra-Daihatsu Ayla sejak awal diproduksi didesain dengan lubang tangki bahan bakar minyak (BBM) lebih kecil dari nozzle Premium. Ini bertujuan untuk mencegah BBM subsidi mengalir ke tubuh LCGC.

"Idealnya memang BBM subsidi dihapuskan. Kami buat aturan teknis stiker dan lubang tangkinya sedangkan payung hukum [larangan kendaraan pribadi mengonsumsi BBM subsidi] ada di ESDM," tuturnya, di Jakarta, Jumat (11/4/2014).

Pembatasan penyaluran BBM subsidi dan pengawasan di lapangan bukan kewenangan Kemenperin. Ini menjadi domain Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper