Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suku Cadang Jerman Jajaki Aftermarket Kendaraan Jepang

ZF, produsen suku cadang otomotif asal Jerman, tengah melakukan uji minat pasar atas shock breaker untuk multi purpose vehicle (MPV) pabrikan Jepang.

Bisnis.com, JAKARTA—ZF selaku produsen suku cadang otomotif asal Jerman tengah melakukan uji minat pasar atas shock breaker untuk multi purpose vehicle (MPV) pabrikan Jepang. Tetapi, produk ini dipastikan bukan untuk memasok original equipment manufacturer (OEM) melainkan aftermarket.

General Manager ZF Asia Pasific Pte Ltd. untuk perwakilan di Indonesia Cakra Wira Wiyata mengatakan suku cadang ZF untuk MPV merek Jepang ditujukan untuk keperluan upgrading. “Kami masih trial untuk suku cadang Avanza tapi produk kami khusus untuk konsumen yang mau melakukan upgrade,” tuturnya, di Jakarta, Selasa (18/3/2014).

Sejauh ini, ZF hanya memasok komponen untuk OEM kendaraan penumpang  asal Eropa seperti BMW dan Mercedes-Benz. Selebihnya suku cadang buatan ZF diserap prinsipal kendaraan niaga berupa truk dan bus Eropa seperti Volvo, FAW.

Sebetulnya, imbuh Cakra, kini produk ZF juga dipakai oleh merek Jepang yanga ada di Indonesia. Tetapi, hal itu terbatas hanya dipakai produsen kendaraan niaga seperti PT Hino Motors Sales Indonesia dan PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

"Untuk kendaraan komersial  kami memproduksi transmisi otomatis dan manual, transmisi powershift, dan komponen powertrain seperti kopling untuk truk dan bus. Ada juga sistem poros lengkap dan chassis," ucapnya.

Secara global, ZF menempatkan cabangnya di 11 negara, yaitu Australia, China, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Bisnisnya di Indonesia berlangsung sejak 2001.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper