Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HPM Genjot Pangsa Pasar MPV di Tahun Kuda

PT Honda Prospect Motor (HPM) meyakini bisnisnya di segmen mobil serbaguna kelas atas (upper multi-purpose vehicle / UMPV) kembali bergariah di Tahun Kuda 2014.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Honda Prospect Motor (HPM) meyakini bisnisnya di segmen mobil serbaguna kelas atas (upper multi-purpose vehicle / UMPV) kembali bergariah di Tahun Kuda 2014.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual HPM Jonfis Fandy mengatakan penguasaan pasar Honda di kelas upper MPV diproyeksikan tumbuh menjadi 5% dari kisaran 1,5%.

"Pasar upper MPV berpotensi turun dari sekitar 12.000-an unit menjadi 11.000-an. Tapi market share Honda justru akan naik," tuturnya di Jakarta, Rabu (8/1/2013).

Kepercayaan diri ini muncul seiring kehadiran All New Honda Odyssey yang mengisi kelas MPV papan atas. Mobil ini ditargetkan terjual sedikitnya 500 unit hingga penghujung 2014.

Jika angka itu terealisasi maka pertumbuhan penjualan Odyssey lebih dari 200% terhadap tahun lalu 159 unit. Dan meningkat 3,09% dibandingkan pencapaian 2012 sejumlah 485 unit.

Odyssey Bangkit

Presiden Direktur HPM Tomoki Uchida mengatakan Honda Odyssey mengaspal di dunia pertama kali pada 1995. Mobil multifungsi premium ini masuk ke Indonesia pada 2005 beruga generasi ke-3 Odyssey.

Honda membukukan penjualan Odyssey sejumlah 2.292 unit hingga tahun lalu. "Ini adalah generasi ke-5. Generasi pertama mmobil ini tambil sebagai crossover antara sedan dan MPV. Mobil ini juga membuat booming minivan di Jepang," ucapnya.

All New Odyssey diimpor langsung dari Jepang. Namun, produk yang dipasarkan di Tanah Air dengan di Negeri Sakura tetap memiliki perbedaan, utamanya pada suspensi yang lebih empuk.

Odyssey teranyar ini dibelaki mesin 2,4 liter DOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga 175 PS pada 6.200 rpm, torsi maksimal 23 kg.m pada 4.000 rpm. Kuda besi ini menggunakan teknologi variable timing dan lift electric control demi konsumsi bahan bakar yang tetap irit untuk menghasilkan tenaga besar.

Efisiensi bahan bakar lebih maksimal dengan fitur ECON mode, terdiri dari ECO Assist dan ECON Button. Efisiensi bensin bisa mencapai 20%, tergantung kondisi jalan dan cara berkendara.

"Generasi kelima ini kami siapkan untuk memenuhi permintaan konsumen di segmen MPV premium. Kami yakin Odyssey akan diterima konsumen Indonesia," ucap Uchida.

Catatan saja, seluruh varian All New Odyssey dilengkapi fitur keselamatan kantung udara lengkap, yaitu dial front i-SRS Airbag, i-SRS Side Airbags, dan side curtain Airbag untuk pengemudi dan penumpang. Sedangkan sistem pengereman menggunakan anti-lock braking system (ABS) dan electronic brake belt, ISO-FIX, serta rear camera.

Sistem keamanan Odyssey dilengkapi security alarm, immobilizer, serta smart key type. Honda menambahkan fitur baru untuk memaksimalkan keselamatan Odyssey, yakni multi-view camera, blid spot information, cross traffic monitor, dan smart parking assist system.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Editor : News Writer
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler