Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ban Michelin Agilis Hemat BBM

PT Michelin Indonesia melangsungkan uji efisiensi konsumsi bahan bakar. Jalur yang digunakan sepanjang tol Sentul - Bogor sepanjang 60 km melibatkan 2 truk penguji. Hasilnya, Michelin Agilis mampu menghemat BBM lebih baik dari ban bias.

Bisnis.com, JAKARTA—Produsen ban radial PT Michelin Indonesia melangsungkan uji efisiensi konsumsi bahan bakar. Jalur yang digunakan sepanjang tol Sentul - Bogor sepanjang 60 km melibatkan 2 truk penguji.

Country Director PT Michelin Indonesia (PTMI) Jean Charles Simon mengatakan Michelin Agilis Range dapat memangkas pengeluaran bahan bakar karena menggunakan komponen karet dan pola ban yang lebih lebar sehingga cengkeraman dan pengereman lebih optimal.

Dengan batas minimal pengujian sebanyak 4 hingga 5 kali putaran diperoleh hasil Micheling Agilis HD menghemat BBM hingga 7% lebih besar dibandingkan ban bias. Uji coba serupa dilakukan pula oleh Michelin di Thailand dan India.

“Penggunaan ban radial lebih menguntungkan, khususnya untuk kendaraan komersial seperti truk dan bus,” ucap Jean Charles dalam keterangan resminya, Kamis (31/10/2013).

Tes penghematan bahan bakar Michelin ini dibagi dalam 3 tahap, pertama-tama adalah pengujian tingkat penghematan BBM pada dua truk dengan ban sejenis. Kedua, perbandingan tingkat penghematan BBM pada truk 1 yang menggunakan ban radial Michelin Agilis HD dengan truk 2 memakai ban bias.

Pada tahap terakhir dilakukan penukaran ban antarkedua truk itu lalu diukur kembali tingkat penghematan bahan bakar keduanya. Truk 1 dan 2 akan melakukan 4 putaran, per putaran berjarak 60 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : News Writer
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper