Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 4 Alasan Perawatan EV Lebih Mudah Dibanding ICE

Pergeseran penggunaan EV dari Internal Combustion Engine (ICE) juga didorong faktor perawatan EV yang lebih sederhana dibanding ICE.
Anshary Madya
Anshary Madya - Bisnis.com 28 September 2022  |  08:20 WIB
Ini 4 Alasan Perawatan EV Lebih Mudah Dibanding ICE
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengendarai mobil listrik usai Penyerahan Mobil Listrik untuk Mendukung Kegiatan Presidensi G20 di Indonesia tahun 2022 di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (24/11/2021). Hyundai menyerahkan 42 unit mobil listrik, yang akan digunakan sebagai kendaraan resmi delegasi Presidensi G20 Indonesia pada tahun 2022. ANTARA FOTO - M Risyal Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kendaraan listrik atau yang sering disebut Electric Vehicle (EV) sedang menjadi tren di Indonesia, hal tersebut juga ditambah dengan perbincangan publik mengenai Instruksi Presiden (Inpres) No.7/22 tentang pengadaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas operasional.

Dilansir indiatimes.com, pada Selasa (27/9/2022), pergeseran penggunaan EV dari Internal Combustion Engine (ICE) sebagai moda tranportasi berikutnya sangat mungkin terjadi secara cepat, hal itu lantaran perawatan EV yang lebih sederhana dibanding ICE.

Lantas, apa alasan perawatan EV lebih mudah dari ICE?

Pada EV, bagian rumit dalam ICE seperti mesin, saluran bahan bakar dan tangki akan digantikan oleh hal yang lebih sederhana seperti motor listrik, pengontrol, dan baterai.

Nah, berikut ini penjelasan EV lebih mudah dirawat dibanding ICE, di antaranya :

1. Motor Listrik

EV merupakan tipikal kendaraan yang lebih jarang menerima atau hampir tidak ada servis karena sebagian besar beban akan diambil oleh bantalan luar.

2. Baterai dan Sistem Termal

Sebagai kendaraan yang lebih modern, tentunya EV menggunakan baterai yang mengandalkan sistem manajemen termal berbasiscairan untuk melindungi suhu baterai agar tidak terlalu panas atau dingin, dalam perawatannya pengguna EV hanya perlu memastikan jumlah cairan yang optimal pada kendaraan agar berjalan dengan baik.

3. Pemeriksaan Rem

Jika dilihat dengan sekilas, tingkat minyak rem dari ICE maupun EV sama-sama memerlukan pemeriksaan secara berkala. Namun, perbedaannya terletak pada masa pakai waktu minyak rem EV akan lebih lama dibandingkan ICE, hal ini bisa terjadi karena EV memiliki teknologi regenerasi rem yang menggunakan motor listrik untuk memperlambat mobil saat mengerem.

4. Servis

Kabel tegangan pada EV harus diperhatikan saat melakukan servis, seperti teknisi biasanya kan menghubungkan perangkat OBD ke EV untuk menguji kelayakan jalan, dan hal ini akan memerlukan biaya lebih sedikit dibanding servis ICE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top