Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Kandungan Lokal, Daihatsu Gandeng 261 Suplier Lokal

PT Astra Daihatsu Motor untuk terus meningkatkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) atau kandungan lokal. Hingga saat ini, perusahaan tersebut telah menggandeng sebanyak 26 suplier lokal. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu yang hanya sebanyak 221 suplier lokal.
Daihatsu Sigra/Antara
Daihatsu Sigra/Antara

Bisnis.com, BOGOR - PT Astra Daihatsu Motor untuk terus meningkatkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) atau kandungan lokal. Hingga saat ini, perusahaan tersebut telah menggandeng sebanyak 261 suplier lokal. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu yang hanya sebanyak 221 suplier lokal.

"Dari tahun ke tahun kami terus meningkatkan suplier lokal, dan ini akan memperkuat lokalisasi untuk setiap produk kami," kata Direktur Manufaktur PT Astra Daihatsu Motor Pongky Prabowo di Bogor, Jumat (11/11/2016).

Sejumlah mobil yang diproduksi Daihatsu memang memiliki kandungan lokal cukup besar. Terios misalnya, mobil yang masuk segmen low sport utility vehicle (LSUV) ini telah memiliki kandungan lokal sebesar 90%.

Adapun produk yang memiliki kandungan lokal terbesar adalah segmen low cost green car (LCGC) berkapasitas tujuh penumpang, Daihatsu Sigra yang mencapai 94%.

Pongky menambahkan, TKDN untuk mobil bisa mencapai 100% sepanjang industri komponen mampu menyuplai kebutuhan manufaktur. "Karena masih ada beberapa produk komponen yang belum bisa disediakan oleh suplier lokal," ujarnya.

Untuk Daihatsu Sigra, produk komponen yang masih belum bisa dipenuhi oleh industri lokal adalah gear transmisi yang masih didatangkan dari Jepang, serta komponen elektronik yang didatangkan dari Thailand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper