Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lexus Pasarkan Sedan Sport Baru

Lexus membuka pasar sedan sport di Indonesia dengan meluncurkan RC F, yang diklaim membuka segmen baru
Produk baru sedan Lexus/Istimewa
Produk baru sedan Lexus/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA—Lexus membuka pasar sedan sport di Indonesia dengan meluncurkan RC F, yang diklaim membuka segmen baru.

Menurut General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja, RC F dikatakan membuka segmen baru di kelas sedan sport karena secara body size belum dihadirkan oleh pabrikan lain di pasar Tanah Air. Secara global, produksi RC F bersamaan dengan Lexus RC. Hanya saja RC F baru diperkenalkan awal 2014 di NAIAS Motor Show.

Adrian mengatakan RC berkapasitas dapur pacu 3.500 cc dan RC F 5.000 cc. Akan tetapi di Indonesia Lexus hanya memasarkan RC F. “Konsumen kelas premium di Indonesia itu unik. Kalau memilih kelas, mereka inginnya atas sekalian, tidak mau yang tanggung,” ujarnya  kepada Bisnis, Selasa (11/112014).

Indonesia merupakan pasar RC F pertama di Asia setelah Jepang. Prinsipal Lexus di Jepang memberi kuota 10 unit per tahun. Adrian menyatakan, saat diperkenalkan pada konsumen loyal Lexus pada Senin malam (10/11), RC F telah dipesan sebanyak enam unit dengan pembayaran tunai.

Secara resmi RC F akan dipasarkan pada awal 2015. Pada 2014 Lexus hanya menyediakan RC F sebanyak satu unit sebagai kebutuhan internal Lexus Indonesia. Saat ini Lexus Indonesia menawarkan dua varian RC F.

“Yang pertama RC F dengan body biasa dan yang kedua dengan body Carbon Pakcage. Varian yang kedua dari engine hood hingga Body belakang terbuat dari carbon fiber, menjadikannya lebih ringan,” ujar Adrian.

RC F dengan carbon package dibanderol sekitar Rp3,1 miliar dan varian body standar Rp2,8 miliar on the road Jakarta. Meski memasarkan varian RC F di atas 5.000 cc, Adrian mengaku tak khawatir dengan adanya PPnBM bagi kendaraan di atas 3.000 cc  yang mencapai 125%. Menurut dia, bagi pasar Lexus RC F pajak tersebut dinilai tidak memberatkan.

Sebagai gambaran, Lexus hadir di dunia sejak 1989. Akan tetapi seri ‘F’ menyapa dunia sejak 2007. Lexus IS F yang diluncurkan 2007 memperlihatkan kemampuan Lexus untuk tidak hanya memproduksi mobil dengan penuh kemewahan dan kenyamanan, namun juga hadir dengan teknologi terkini dan performa yang mumpuni.

 

Di Indonesia, IS F diperkenalkan sejak 2011. Tiga tahun berselang, RC F menyapa konsumen Indonesia yang gemar akan performa. Sebagai Sports Coupe, Lexus RC F memiliki dapur pacu anyar yang dikembangkan ulang agar sesuai dengan karakter RC F. Para teknisi Lexus berhasil menciptakan sebuah Sports Coupe yang nyaman dikemudikan sehari-hari namun memiliki DNA race-ready.

 

Tampilan RC F menghadirkan pursuit of perfection. Terinspirasi dari mobill konsep LF-LC dan LF-CC, RC F hadir dengan Spindle Grille yang lebih berani serta buritan yang tampak lebih sporty dan kokoh.

 

Di bagian interior kabin RC F hadirkan unsur kemewahan dan kenyamanan dibalut dengan detail untuk menonjolkan unsur performa sesuai dengan karakter RC F. Lingkar kemudi berbahan kulit tampil dengan jahitan huruf ‘L’ berwarna putih-biru sebagai warna khas ‘F’ Brand. Pedal juga mengindikasikan bahwa RC F adalah ciptaan Lexus, dengan huruf ‘L’ sebagai penghias serta fungsi agar pijakan menjadi lebih kokoh.

Spidometer RC F pun terinspirasi oleh LFA, dimana tampilan dapat berubah sesuai dengan mode berkendara yang dipilih. Tak hanya itu, instrument gauge memberikan berbagai informasi penting yang diperlukan saat berkendara. Bahkan dapat merekam lap time saat berada di trek balap.

 

RC F dilengkapi mesin V8 naturally aspirated berkapasitas 5.000 cc dan menghasilkan tenaga dahsyat hingga 470 hp ,serta torsi maksimal 530 Nm yang tersedia mulai putaran mesin 4.800 rpm. Dengan performa tersebut, RC F mampu menembus angka 100 km/jam dari keadaan diam hanya dalam waktu 4,4 detik.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper