Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota All-New Yaris Diproduksi Lokal, Inden Maksimal 2 Bulan

PT Toyota Astra Motor menjanjikan pemenuhan pesanan hatchback All-New Yaris 1.5L tak lebih dari 2 bulan.
All New Toyota Yaris
All New Toyota Yaris

Bisnis.com, JAKARTA—PT Toyota Astra Motor menjanjikan pemenuhan pesanan All-New Yaris 1.5L tak lebih dari 2 bulan. Agen tunggal pemegang merek Toyota itu yakin bisa segera memenuhi permintaan konsumen karena hatchback ini sudah diproduksi di dalam negeri.

Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan mengatakan sebelum dibuat di pabrik Toyota Karawang 2, pasokan Yaris mengandalkan impor utuh dari Thailand. Kini, pemenuhan pesanan diharapkan lebih mudah karena pembuatannya berlangsung di Indonesia.

“Idealnya, inden [lama pesanan] itu 2 bulan. Berapa jumlah inden yang sudah masuk, saya belum mendapatkan datanya,” tuturnya seusai peluncuran All-New Yaris 1.5L, di Jakarta, Senin (17/3/2014).

Sebelumnya Yaris tersedia dalam 5 tipe yaitu TRD Sportivo, S, G, E, dan J. Kini Toyota hanya menyediakan dalam 3 tipe yakni TRD Sportivo, G, dan E masing-masing dalam varian bertransmisi manual maupun otomatis.

Yaris model 2014 tersebut diklaim tetap mengedepankan unsur fun dengan dimensi yang lebih besar serta fitur sistem audio teranyar.

Semua tipe dilengkapi turner, DVD/MP3/WMA, Aux In, USB, dan bluetooth. Khusus tipe TRD dan G dilengkapi juga dengan penerima Wifi dan Internet. Namun, khusus varian sporty ditambahkan fitur navigasi.

All-New Yaris tampil dengan desain grille trapezoidal sehingga lebih kokoh. Unsur aerodinamis mobil ini ditunjang dengan aero fin dan atap Catamaran. Khusus untuk tipe TRD dilengkapi dengan projector headlamps dan lampu kabut.

Yaris sporty dan tipe G memiliki pelek alloy 16 inci dan tipe E menggunakan pelek 15 inci. Pada varian TRD sportivo dilengkapi dengan full aerokit di depan, samping, hingga buritan yang dilengkapi spoiler. Tipe G mengutamakan konsep stylish luxury sedangkan tipe E hadir dengan casual sporty.

“Sebelumnya saya tidak pernah mau ungkapkan spesifikasi Yaris ke media meski sudah ada bocorannya. Sebab, spesifikasi antarnegara berbeda. Yaris di Eropa fitur keselamatannya lebih tinggi tapi penampilannya lebih bagus yang di Indonesia,” ucap Johnny.

Mesin yang terpasang di dalam tubuh All-New Yaris adalah 1nZ-FE 4 silinder 16 valve DOHC VVT-i 1.497 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 109 PS dengan torsi 14,4 kg.m. Sedangkan transmisinya menggunakan manual 5 percepatan serta otomatis 4 percepatan.

Hatchback tersebut hadir dengan 7 pilihan warna, 2 di antaranya adalah warna baru, yakni Orange Metallic dan Frozen Blue Metallic. Lainnya ialah Super White, Silver Metallic, Gray Metallic, Attitude Black Mica, dan Red Mica Metallic.

Johnny mengatakan TAM akan kembali mengagresifkan pemasaran Yaris melalui aktivitas sport. Pasalnya, kendaraan ini fokus membidik anak muda. Selain itu tentu dilakukan pula iklan dan campaign langsung di lapangan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler